WhatsApp Bakal Punya Fitur Sidik Jari

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – WhatsApp sebagai aplikasi pengiriman pesan terbesar, memperkenalkan inovasi penting untuk kalangan penggunanya di seluruh dunia.

Dalam beberapa minggu terakhir, tim pengembang WhatsApp dilaporkan telah berupaya menerapkan berbagai prosedur otentikasi dalam aplikasi ini, untuk membuat percakapan pengguna lebih aman.

Laman PhoneArena menyebutkan, dalam versi 2.19.3 dari WhatsApp Beta, menghadirkan sistem otentikasi (opsional) dengan fingerprint atau sidik jari di perangkat Android.

Kehadiran fitur baru ini tentunya akan melindungi privasi kalangan pengguna, sekaligus mengamankan chat atau obrolan.

Fitur ini disebutkan bakal tersedia di semua perangkat smartphone dengan versi minimum Android Marshmallow dan memiliki fitur sensor pengenalan sidik jari.

Adapun untuk tanggal efektif dari fitur baru ini masih belum diketahui dan kemungkinan akan digulirkan tanpa pembaruan yang spesifik.

WhatsApp sedang menjajal fitur baru di aplikasi Android, untuk melindungi akun pengguna dengan autentikasi sidik jari.

Fitur sidik jari ini melindungi secara keseluruhan. Jadi seperti membuka atau mengunci smartphone, fitur ini akan muncul begitu pengguna mengetuk ikon aplikasi WhatsApp. Bakal muncul autentikasi sidik jari pengguna.

Fitur autentikasi sidik jari ini tidak dipakai untuk mengunci obrolan dengan kontak tertentu yang ada di dalam jaringan WhatsApp.

Fitur ini sedang dalam tahap alfa. Artinya, WhatsApp sedang mengujinya di internal perusahaan, sejauh mana fitur pelindung akun ini bekerja dan bagaimana kekurangannya dan WhatsApp berusaha meningkatkan kinerja fitur ini.

Fitur sidik jari ini akan tersedia di perangkat Android yang minimal menjalankan Android Marshmallow atau yang lebih baru dari sistem operasi tersebut.