CEO Abu Tours Dituntut 20 Tahun Penjara

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Pengadilan Negeri Makassar menuntut CEO PT Amanah Bersama Umat (Abu Tours), Hamza Mamba, dengan hukuman 20 tahun penjara.

Tuntutan ini dibacakan saat sidang kasus penipuan, pencucian dan penggelapan dana jamaah yang digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Senin siang (21/01/2019).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menganggap terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana penipuan, pencucian dan penggelapan dana jamaah Abu Tours. Tuntutan ini dibacakan bergantian oleh JPU yakni Gunawan Dwicahyo dan Darmawan Wicaksono.

Terdakwa dikenai pasal berlapis, karena terbukti melakukan tindak pidana penipuan secara bersama-sama dengan istri dan kedua rekannya.

“Tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP, 378 KUHP dan Pasal 3 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang, dengan ancaman di atas lima tahun penjara,” jelas Gunawan.

Selain itu, Jaksa meminta terdakwa membayar denda sebesar Rp 100 juta.

Tindak pidana lainnya yang dilakukan oleh tiga terdakwa lainnya, yakni Nur Syariah yang merupakan istri Hamzah, mantan Manager Keuangan Abu Tours Muhammad Kasim, dan Komisaris Abu Tours Khairuddin M Latang adalah melakukan transaksi-transaksi untuk menyamarkan asal-usul uang itu didapatkan.