Bawaslu Sidrap, Lebih Baik Mencegah Ketimbang Menindak

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu Sidrap) Menggelar pertemuan dan sekaligus sosialisasi terkait sejumlah aturan pemilu kepada awak media dikabupaten sidrap, kegiatan itu digelar di warkop Deking, Pangkajene, Sidrap, Senin (21/01/2019).

Anggota Bawaslu Sidrap Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Andi Syaiful, yang sekaligus menjadi pembicara mengatakan, pihaknya terus intens melakukan pengawasan.

“disetiap tahapan kami intens melakukan pengawasan, dan sejak masa kampanye 29 Desember 2018 hingga 14 april 2019, Rentan waktu yang panjang itu menjadi proses pengawasan yang kami lakukan”Ujarnya.

Dijelaskannya pihaknya menekankan lebih baik melakukan upaya pencegaham dibanding penindakan.

“lebih baik dicegah sebelum ditindak”Katanya.

Sihingga kata dia Bawaslu dan jajarannya gencar melakukan sosialisasi terkait aturan pemilu.

Untuk saat ini lanjutnya tindak pidana terkait Pemilu di wilayah kabupaten sidrap masih nol kasus.

“Ada satu pelanggaran administrasi namun itu telah diselesaikan ditingkat kecamatan, Pelanggaran itu terkait pelanggaran APK”Ujarnya.

Sementara itu upaya lain yang dilakukan bawaslu adalah upaya Investigasi, upaya investigasi ini dilakukan sebelum dugaan pelanggaran pemilu tersebut diregister.

“Contohnya ada dugaan pelanggaran, jadi itu kita Investigasi, kita panggil semua fihak terkait, setelah dilakukan investigasi ternyata tidak ada pelanggaran, sehingga kasus tersebut tidak sampai diregister,”Tandasnya.