Gerakan Mahasiswa di Makassar Deklarasikan Menuju Pemilu Aman

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar – Media Gathering
“Menuju Pemilu Aman, Damai dan Sejahtera” yang digelar Lembaga Mata Air di Bar Kopi Jln. Toddopuki Raya, menghadirkan lembaga kemahasiswaan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Komite Aktivis Mahasiswa Rakyat Indonesia (KAMRI). Dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dalam Media Gathering tersebut, disebutkan masyarakat sebagai pemberi mandat atas kekuasaan politik yang melekat pada partai politik dan para calon tentunya menitipkan harapan-harapan politik (political hopes). Harapan itu adalah Kesejahteraan, keamanan dan keadilan.

Bastian dari GMKI mengatakan, Dalam sistem demokrasi sekarang ini, memungkinkan seluruh masyarakat berpartisipasi

“Sebenarnya bukan hanya pemuda dan mahasiswa saja yang menginginkan pemilu aman dan damai. Semua harus bergandeng tangan terutama kita di Sulsel.” ujar Akbar Haruna koordinator KAMRI.

Menurutnya perbedaan pada satu persoalan saja terkadang akan menimbulkan masalah, maka dari itu perbedaan-perbedaan yang ada sedapat mungkin harus dijaga agar tidak memberi kontribusi potensi konflik yang lebih luas.

Selain itu Bastian dari GMKI juga memaparkan bahwa sistem demokrasi yang dibangun didasarkan kepada pemberian ruang aspiratif dan partisipasi seluas-luasnya kepada seluruh warga negara menuntut adanya pemerataan kekuasaan, pemerataan tanggungjawab, dan pemerataan wewenang.

Dengan sistem ini akan melahirkan suatu sistem ketatanegaraan dan sosial yang kuat jika kaidah dan prinsip-prinsip demokrasi itu dijalankan sesuai norma yang ada.

“Kedamaian adalah adanya integrasi sosial yang kuat dalam konsepsi dan kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus menjadi komitmen bersama dari seluruh partisipan politik baik individu, kelompok, maupun organisasi. Dan cara kampanye hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang tepat dan memiliki edukasi kepada masyarakat.” pungkasnya.

Selain itu mereka juga sepakat akan tetap mendukung pemerintahan yang baik seperti sekarang ini. Sebagaimana pernyataan dari salah satu aktivis HMI, Harry Suratman Rusman.

Pemerintahan sekarang sudah bagus dan bagaimana Indonesia lebih baik dari skrg. Baik ekonomi dan infrastruktur. Jangan tercerai berai dan pecah belah menjaga persatuan. Pemilu ke depan supaya aman dan damai. Jangan terkontaminasi dari paham paham yang tidak sesuai dengan Pancasila.