Preview Piala Indonesia Kalteng Putra vs PSM: Laga Beda Misi

Editor : Aris Munandar
Skuad PSM Makassar menggelar ujicoba lapangan jelang bentrok tuan rumah Kalteng Putra di di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (26/1/2019). Foto: MO PSM
Skuad PSM Makassar menggelar ujicoba lapangan jelang bentrok tuan rumah Kalteng Putra di di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (26/1/2019). Foto: MO PSM

Online24, Palangkaraya – PSM akan menjajal kekuatan Kalteng Putra dalam lanjutan leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (26/1/2019) pukul 16.00 Wita. Kedua tim mengusung misi berbeda pada laga ini.

Bagi tim Juku Eja, laga ini jadi ajang pemanasan jelang tampil di AFC Cup. Namun bagi Kalteng Putra, kemenangan jadi incaran usai gagal menjuarai Liga 2 musim 2018.

PSM yang sementara ditukangi oleh asisten pelatih Imran Amirullah, berjanji bakal menurunkan skuad terbaiknya. Hal ini guna melihat sejauh mana perkembangan permainan Wiljan Pluim dkk. pasca libur kompetisi Liga 1 musim lalu.

“Apalagi kita di Piala Indonesia, tidak ditargetkan apa-apa. Ada yang lebih penting dari ini yakni AFC Cup. Jadi kita ingin melihat kekompakan tim sejauh ini,” ungkap Imran.

Empat legiun asingnya, termasuk yang teranyar yakni Eero Markkanen dan Aaron Evans juga dipastikan turun. Imran ingin melihat apakah permainan duo legiun asing ini sudah sampai pada level yang dipatok PSM.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin (tengah) saat memperkenalkan dua pemain asing baru PSM Makassar, Eero Markkanen (kiri) dan Aaro Evans (kanan)

“Kami ingin agar pemain baru cepat beradaptasi dengan permainan PSM. Mereka diharapkan cepat menyatu dengan skema dan taktikal yang dibuat oleh tim pelatih,” katanya.

Lebih khusus kepada Markkanen, duet striker timnas Finlandia ini bersama Wiljan Pluim ingin terus dimatangkan. Kolaborasi duo legiun Eropa ini memang disiapkan Juku Eja sebagai senjata di AFC Cup dan juga Liga 1 2019.

Soal kekuatan Kalteng Putra, Imran tak menampik buta kekuatan tuan rumah. Namun dia menyebut tim promosi Liga 1 2019 itu memiliki kualitas yang patut diwaspadai.

“Mereka punya beberapa pemain baru dan juga pelatih baru. Otomatis skema dan komposisi pemain mereka bakal berbeda nanti,” ujarnya.

Sementara itu, berbeda dengan PSM, Kalteng Putra bakal tampil all out di Piala Indonesia. Mengingat, mereka gagal meraih gelar juara di Liga 2 musim lalu. Sehingga turnamen bergengsi ini bisa menjadi pelipur dahaga juara tim berjulukan Laskar Identitas Murang tersebut.

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Olivera mengatakan persiapan timnya terbilang cukup minim, bahkan tidak sampai sepekan. Meski begitu, dia yakin mampu memberikan perlawanan kepada PSM.

“Dengan waktu yang singkat ini, kita harus tampil lawan PSM. Saya yakin, pemain akan bermain dengan penuh semangat. Dan dengan kerjasama tim, kita bisa tampil baik dan bisa mengatasinya,” tutur Gomes.

Prediksi Susunan Pemain:

PSM (4-2-3-1)

Rivky Mokodompit; Taufik Hidayat, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, Saldi; Eero Markkanen
Kalteng Putra (4-4-2) dari kiri

Felipe Giovanni; Indra Permana, Ok John, Ritus Krjauklis, Wasyiat Hasbullah; Ferinando Pahabol, Fajar Handika, I Gede Sukadana, Maldini Pali; Patrick Wanggai, Eli Babalj

Head to Head

PSM 1 – 1 Kalteng Putra (7/09/13)
Kalteng Putra 1 – 0 PSM (7/03/13)

Lima Laga Terakhir

Kalteng Putra

19/11/18 : Semen Padang 3 – 1 Kalteng Putra
25/11/18 : Kalteng Putra 0 – 0 PSS Sleman
28/11/18 : PSS Sleman 2 – 0 Kalteng Putra
04/12/18 : Persita 0 – 2 Kalteng Putra
08/12/18 : Peseban 0 – 6 Kalteng Putra

PSM

16/11/18 : PSM 2 – 2 Persija
25/11/18 : PSM 4 – 0 Bali United
03/12/18 : Bhayangkara 0 – 0 PSM
09/12/18 : PSM 5 – 1 PSMS
22/12/18 : Persiter Ternate 3 (2)-(3) 3 PSM