JK Serahkan Bantuan Daerah Terdampak Banjir Senilai Rp 2 Miliar

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir secara simbolis di Kabupaten Gowa yang berlangsung di Masjid Syuhada Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Minggu, (27/1).

Sekda Kabupaten Gowa Muhlis dalam laporannya mengatakan, bahwa hingga saat ini kecamatan Bongaya tercatat warganya 24 orang meninggal dunia, puluhan orang luka-luka, dan beberapa orang juga saat ini belum ditemukan hingga dinyatakan hilang.

Sehingga kata Muhlis, dirinya masih mengupayakan dengan menggunakan alat berat dan manual untuk menggali longsoran.

“Manuju tercatat 12 orang yang meninggal dunia tertimbun longsor, Malino 3 orang meninggal dunia, 2 sudah ditemukan mayatnya yang satu masih dalam pencarian. Dugaan kuat menyebutkan bahwa korban yang satu ini sudah terbawa air sungai,” tambahnya.

Sekjen Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, bahwa ini adalah bentuk kepedulian pemerintah khususnya pemerintah pusat, dan terlebih khusus lagi dari Kementerian Pertanian. Kebetulan Menteri Pertanian adalah orang Sulawesi-Selatan.

“Beliau sangat peduli dengan apa yang terjadi kepada kita. Kami dari Kementerian Pertanian bersama seluruh mitra kerja beserta stakeholder bersama-sama sukarela memberi bantuan untuk warga Sulsel,” kata Nasrullah yang mewakili Kementerian Pertanian.

“Alhamdulillah. Pak Wagub hari ini telah terkumpul dari Kementerian Pertanian dan bersama mitra senilai Rp2 miliar lebih. Bantuan ini dalam bentuk tenda, makanan bayi, susu bayi, dan semuanya sudah terkumpul semuanya dan akan kita berikan kepada beberapa kabupaten yang terkena dampak dari musibah banjir tersebut,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, Alhamdulillah mewakili pemerintah provinsi Sulsel dan Kabupaten/Kota mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas perhatian dari Kementerian Pertanian kepada korban banjir yang ada di Sulsel.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga kami. Banjir ini adalah sebagai ujian dan bentuk kasih sayang Allah kepada kita sebagai cobaan dan introspeksi diri kita,” ucap Andi Sudirman.

Kedepannya pemerintah provinsi akan berupaya pemulihan sesegera mungkin, termasuk mengupayakan bantuan-bantuan terhadap kerusakan-kerusakan yang timbul akibat banjir.

Setelah itu kata Andi Sudirman jika sudah kembali normal “Kita akan adakan kajian-kajian beberapa distribusi penyebab longsor, banjir dan sebagainya. Dari kajian ini kita akan lakukan mitigasi program-program untuk meminimalisir timbulnya bencana banjir yang serupa,” tambahnya.

“Serta juga penting berikan edukasi kepada masyarakat dan juga anak-anak kita bagaimana melakukan sistem savety terhadap situasi yang memungkinkan akan terjadi, sebagai bentuk pelajaran dan sebagai bentuk edukasi,” jelasnya.

Perlu diketahui, banjir dan tanah lonsor yang menimpa sebagian wilayah di Sulawesi Selatan ini menyebabkan kerugian materil dan jatuhnya korban jiwa.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut sekda kabupaten Gowa Muchlis, Lurah Pangkabinayya dan Lurah Pangka Binanga, Syahril.