Bappeda Sulsel Raih Pujian dari Tim Ahli Gubernur

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Bapenda Sulsel mendapatkan pujian dari dua tim ahli Gubernur Sulsel, Prof Yusran Yusuf dan Prof Sangkala memuji sejumlah inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel saat berkunjung ke kantor Bapenda, Rabu (30/1).

Menurut keduanya, dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang dikunjunginya, ia menilai Bapenda Sulsel yang terbaik dan tercanggih.

“Hari ini sudah empat OPD yang kami kunjungi untuk melihat langsung inovasi dan kesiapan mereka melakukan inovasi, dan ternyata Bapenda yang paling siap dan paling canggih,” kata Prof Sangkala.

Hal tersebut dikatakan guru besar tersebut saat melakukan supervisi kepada ASN Bapenda Sulsel. Keduanya diterima Kepala Bapenda Sulsel Tautoto TR dan diampingi sejumlah kepala bidang, kepala UPT, dan kepala sub bidang.

Kepada tim ahli, Toto, sapaan kepala bapenda, memaparkan sejumlah inovasi bapenda yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Antara lain, samsat mobile banking, samsat lorongta, aplikasi sistem pajak yang realtime, dan masih banyak lagi.

“Dalam waktu dekat kami juga akan meluncurkan pembayaran pajak kendaraan melalui minimarket yang menjamur di Sulsel. Inovasi lainnya adalah kami dan Bank Sulselbar akan menghadirkan tabungan dan simpanan pajak yang memudahkan wajib pajak membayar pajak kendaraannya,” ujarnya.

Melihat inovasi tersebut, Prof Yusran mengaku kagum karena Bapenda Sulsel melampaui keinginan gubernur yakni satu OPD satu inovasi.

Sejak dipimpin Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, bapenda telah membuat sejumlah inovasi baru yakni samsat mobile banking, samsat lorongta, samsat sipakainga, dan akan segera hadir pembayaran pajak melalui minimarket dan tabungan pajak.

“Saya betul-betul tersenyum di bapenda, menurut saya tercanggih dari sejumlah OPD yang kami datangi,” kata Prof Yusran yang diamini Prof Sangkala. Sebagai tim ahli, Prof Sangkala akan fokus pada masalah reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Menurut Prof Sangkala, bapenda telah banyak memangkas kebijakan dan menyederhanakan pelayanan pada masyarakat, antara lain, menghadirkan samsat care, dan pelayanan lainnya.

Prof Sangkala juga mengaku kagum dengan aplikasi sistem pajak daerah (sipada) yang dimiliki bapenda. Aplikasi ini memungkinkan bapenda memantau jumlah pemasukan pajak di 25 UPT Pendapatan secara real time dan mengecek tagihan pajak kendaraan wajib pajak secara realtime.

“Saya menantang layar yang menampilkan sipada ini dibawa ke lounge mewah agar tamu-tamu gubernur juga dapat melihat kecanggihan bapenda,” ujarnya. Mendapat tantangan tersebut, Toto yang merupakan kandidat doktor ini mengaku akan segera merealisasikannya.

Toto juga mengusulkan agar Pemprov Sulsel membuat mall pelayanan publik dan Bapenda Sulsel siap mendukungnya dengan menghadirkan pelayanan samsat.