Media Gathering dan Ramah Tamah, Bupati Apresiasi Kominfo dan Wartawan

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Luwu Timur – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Luwu Timur menggelar kegiatan media gathering yang dirangkaikan dengan ramah tamah kepala Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, Andy Murphy, S.Sos., MH yang hari ini memasuki masa purna tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (31/01/2019) di warkop mammi Malili.

Membuka kegiatan ini, Sekretaris Dinas Kominfo, Amran Aminuddin menyampaikan capaian kinerja Dinas Kominfo semenjak dipimpin Andy Murphy.

Dibawah kepemimpinan bapak Andy Murphy sebagai Kepala Dinas Kominfo dan arahan dari Bapak Bupati, Dinas Kominfo Luwu Timur sejak dibentuk 2 tahun lalu (31 Desember 2016) telah menyelesaikan 3 dokumen yang menjadi dasar penerapan teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Luwu Timur yaitu Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK), Master Plan Smart City dan Peraturan Bupati Luwu Timur tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi lingkup pemerintah Kab. Luwu Timur.

Selain itu ada beberapa capaian kinerja yang patut diapresiasi, seperti di bidang telematika sebagai pelaksana salah satu program prioritas yaitu pembangunan infrastruktur internet desa, yang telah membangun infrastruktur tersebut di 84 Desa dari target 124 Desa sampai tahun 2019, dan akan dituntaskan pada tahun ini. Membangun jaringan backbone fiber optic yang mengkoneksikan semua SKPD, mengurangi wilayah yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi (blank spot) dari 10 wilayah menjadi 5 wilayah, dimana 5 wilayah yang dulunya blank spot saat ini dapat menikmati jaringan telekomunikasi seperti Desa Kawata, Parumpanai, Harapan, Cendana Hitam dan Cendana Hitam Timur.

Kemudian berkoordinasi dengan provider telekomunikasi XL, mereka bersedia masuk di Luwu Timur dengan membangun 40 tower telekomunikasi dan telah berfungsi dengan jaringan 4G. Pada bidang Aplikasi Informatika, telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Tangerang untuk penerapan dan pengembangan aplikasi e-goverment dan kerjasama dengan Kementerian Kominfo untuk penerapan aplikasi manajemen integrasi informasi dan pertukaran data serta peningkatan standarisasi LPSE Kab. Luwu Timur yang telah mendapatkan 11 standarisasi dari 17 standarisasi yang ditetapkan oleh LKPP dan diharapkan pada tahun ini menjadi 12 standarisasi untuk memenuhi standar yang diinstruksikan oleh KPK.

Untuk bidang Informasi dan Komunikasi Publik telah mendorong keterbukaan informasi publik dengan membentuk pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) sampai pada tingkat desa, meningkatkan kemitraan dengan media dan menyediakan media center sebagai ruang berbagi informasi, serta berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pengelola media sosial pemerintah teraktif tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada kegiatan humas expo di tahun 2018.

Masih di tahun yang sama, Kabupaten Luwu Timur masuk dalam program 100 Smart City di Indonesia dan menjadi daerah ke dua di Sulawesi Selatan setelah Kota Makassar yang masuk pada program ini,” ungkap Amran

Kepala Dinas Kominfo Luwu Timur, Andy Murphy pada ramah tamah ini menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama semua pihak.

“Apa yang telah kita capai saat ini berkat kerja keras dan dukungan teman-teman semua. Semua ini tidak terlepas dari arahan bapak Bupati. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan bangga menjadi bagian dari Pemerintah Kab. Luwu Timur,” ucap Opla sapaan akrab Kadis. Kominfo.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler pada kegiatan ini memberikan apresiasi atas capaian dan kinerja Dinas Kominfo sejak di pimpin Andy Murphy.

“Dinas Kominfo sejak dibentuk 2 tahun lalu capaian kinerjanya cukup membanggakan, ini patut kita apresiasi. Saya berharap kedepan ditingkatkan lagi. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti penyebarluasan informasi, jangan hanya informasi tentang kegiatan penyelenggaraan pemerintahan tetapi informasi tentang pembangunan juga sangat penting disebarluaskan, agar masyarakat tahu capaian-capaian kerja kita,” kata Husler.

“Untuk bapak Andy Murphy yang akan memasuki masa purna tugas sebagai ASN, saya mewakili pemerintah mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama 32 tahun sebagai abdi Negara, saya berharap bahwa silaturrahmi dan komunikasi kita tetap terjaga, terus berkarya dan membawa manfaat bagi sesama,” ucap orang nomor satu di bumi batara guru ini.

Husler juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kerjasama teman-teman media yang ada di Luwu Timur, yang telah ikut andil dalam memberikan masukan dan saran dalam membangun Bumi Batara Guru.

“Kepada teman-teman media, saya ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kerjasama teman-teman yang telah memberikan masukan dan saran serta menginformasikan kepada masyarakat luas tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur,” kunci Husler.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, H. Amran Syam, Anggota DPRD Kab. Luwu Timur, Najamuddin, Kepala OPD dan Insan Pers Kab. Luwu Timur. (ikp/kominfo)