SDIT Insatama Makassar Tanamkan Sikap Cinta Lingkungan Sejak Dini

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makassar mendidik siswa cinta lingkungan sejak dini.

Melalui kegiatan “PLH” atau “Pendidikan Lingkungan Hidup” guru-guru SDIT Insantama mendidik, memahamkan dan mempraktikan langsung cara penanganan masalah-masalah terkait lingkungan.

Senin, 11 Februari 2019 kegiatan PLH SDIT Insantama mengambil tema ”SEKOLAHKU BERSIH, SEHAT dan RAPI” bertempat di SDIT Insantama Makassar, Jl. Perintis kemerdekaan. Kegiatan sehari penuh diisi dengan pemaparan materi tentang lingkungan hidup, pembuatan kolase bertema lingkungan hidup, membuat dan mengisi pot bunga dari botol plastik yang telah dicat, penanaman bungan dan penataan kebun sekolah.

Beberapa kegiatan program PLH yang telah dilakukan sebelumnya antara lain membuat tempat sampah organik dan anorganik,simulasi saat terjadi bencana, menjernihkan air keruh di musim hujan dan simulasi penjernihan air, membuat aneka barang serba guna salah satunya hiasan dinding yang terbuat dari koran bekas dll.

Kepala SDITInsantama Makassar, Asriyani mengatakan, sebagai lembaga pendidikan memiliki program PLH secara berkala. “kami ingin menanamkan sikap untuk berempati terhadap lingkungan sekitar sejak dini, sehingga anak-anak kedepannya turut serta dalam menyelamatkan lingkungan,” katanya.

Karena itu perlu adanya pengetahuan dan keterampilan yang bersifat langsung aplikasi dalam kehidupan sehari-hari siswa serta menjadi pola tindak dan pola pikir untuk penanganan yang lebih spesifik pada permasalahan yang dihadapi , tambahnya.