Pemkot Makassar Bakal Gabungkan SD, Ketua Komisi D DPRD Makassar Harap Segera Terealisasi

Editor : Muhammad Tohir
Gedung DPRD Makassar.
Gedung DPRD Makassar.

Online24,Makassar-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar berencana menggabungkan sejumlah Sekolah Dasar (SD) sekaligus membentuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang baru, Rencana tersebutpun mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Dukungan tersebut diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Makassar, Sampara Sarif, Senin (11/02/2019). Menurutnya langkah penggabungan SD ini sudah tepat. Bahkan penggabungan tersebut lahir dari ide Komisi D DPRD Makassar.

Penggabungan itu kata dia dilakukan sebagai upaya untuk mengefisiensikan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan. “Ada banyak SD di Makassar yang dalam satu kompleks memiliki empat sekolah, sementara jumlah siswa hanya sedikit,” ungkap politikus PPP itu.

Selain itu tambahnya, rencana tersebut untuk mengantisipasi kurangnya sekolah SMP, ia mencontohkan di Kecamatan Makassar yang sama sekali belum memiliki SMP, sehingga SD yang berada di wilayah kecamatan itu diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pembentukan SMP baru.

“Selama ini tamatan SD banyak yang membludak tidak bisa ditampung di SMP Negeri, lantaran kurangnya daya tampung SMP,” katanya

Sampara berharap ditahun ajaran baru ini, Pemkot Makassar mulai merealisasikan regulasi penggabungan SD dan membentuk SMP baru di terutama di Kecamatan Makassar.