Adnan Bersama Forkopimda Gowa Hadiri Rakornas Jelang Pemilu 2019

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bersama Kapolres Gowa, AKBP Shihanto Silitonga dan Dandim 1409 Gowa Letkol Arh Nur Subekhi hadir bersama dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional.

Rakornas yang digelar oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pemantapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, berlangsung di Ballroom Sandeq Hotel Claro Makassar, Selasa (12/2).

Dirjen Politik dan Pemerintah Umum, Soedarmo mengatakan bahwa kegiatan hari adalah sebagai kegiatan finalisasi dari pemerintah.

“Pemilu waktunya sudah sangat dekat tinggal beberapa hari lagi, pertemuan hari ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan. Guna memastikan kesiapan dari masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April yang akan datang.
.” ujarnya.

Pemilu sebelumnya pemerintah melaksanakan rakornas secara menyeluruh. Namun pada tahun ini, pelaksanaan rakornas dilakukan secara peregional, karena pemerintah ingin menyatukan, menyamakan persepsi dan menampung berbagai persoalan yang mungkin terjadi.

“Jadi intinya hari ini kita ingin mendengarkan dari masing-masing dari seluruh penyelenggara, khususnya bagi aparat keamanan, kpu juga pemangku kepentingan apa-apa saja yang akan menjadi kendala yang akan dihadapi nantinya,” tambah Soedarmo.

Sementara, Akbar Ali, Direktur Kewaspadaan Kemendagri sekaligus ketua panitia penyelenggara Rakornas menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui rakornas ini.

“Pemilu diharapkan berlangsung iklim demokrasi yang damai dan kondusif serta berkesinambungan. Terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan daerahnya siap melaksanakan Pemilu 2019. “Daerah kami Gowa siap menyongsong dan menyelenggarakan pemilu 2019. Predikat zona merah yang melekat di Gowa setiap pemilihan juga kami buktikan kalau predikat itu tidak tepat. Setiap pemilihan baik pilkada dan pemilu pelaksanaan di Gowa selalu berjalan lancar aman dan kondusif,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Sulsel, A.Sudirman Sulaiman menjelaskan perubahan zona di wilayah Sulsel. ” Tahun lalu pada pemilihan Gubernur, wilayah Sulsel masuk dalam zona merah, tapi berkat dari kerjasama aparat keamanan dan stakeholder terkait yang saling bersinergi sehingga zona merah itu menjadi zona hijau,” jelasnya

Bahkan dalam ajang pemilu dan pilpres ini kondisi ini dapat dipertahankan. “Saya rasa untuk pemilihan pilpres kali juga akan mampu kita laksanakan dengan baik, jika kita semuanya mampu bersinergi dan tidak mudah untuk dikotak kotakkan,” tanda Wagub Sulsel dihadapan seluruh peserta Rakornas Wilayah Timur Indonesia yang hadir hari ini. (VH)