Dialog Rutin Humas Pemkot Makassar, Bahas Pencegahan Dan Pencegahan Demam Berdarah

Editor : Muhammad Tohir

Online24, Makassar-Melalui Bagian Humas Sekretariat Pemerintah Kota Makassar, mengadakan Coffe Morning Dialog rutin bersama dengan tema “Kenali DBD, Pencegahan dan Cara Mengatasinya”
Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Makassar A. Mariani yang tampil sebagai narasumber menjelaskan bahwa kasus DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang mengakibatkan demam dengue tinggi sehingga dapat menyebabkan kematian.
“Nyamuk ini dapat menyebarluas wabah virus yang bisa menyebabkan kematian melalui gigitan nyamuk yang telah mengandung virus.
Nyamuk ini berkembang biak dilingkungan rumah, sekolah dan tempat umum khususnya tempat yang digenangi air, apalagi seperti saat penghujan sekarang ini ,” ucapnya di Celebes Cafe, Jalan Arif Rate, Selasa (12/02/2019).
Menurutnya untuk memberantas penyakit yang ditularkan nyamuk mematikan ini, seluruh masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya agar bebas dari nyamuk Aedes aegypti ini.
“Caranya dengan membersihkan tempat berkembang biaknya seperti di tempat penampung air, seperti bak mandi, bak WC, tempayan, drum dan barang barang yang digenangi air utamanya ban bekas, kaleng dan plastik bekas, wadah minuman kemasan, tempurung kelapa yang banyak bertebaran disekitar kita,” ujarnya
Lanjutnya pemberantasan penyakit DBD yang paling penting adalah upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan kegiatan 4M yaitu: Menguras dan Menutup tempat penampungan air dan Mendaur ulang sampah disertai memantau jentik di sekitar.
“Pemberantasan nyamuk dapat pula dilakukan dengan melakukan fogging pengasapan.Hal ini dapat membunuh larva atau jentik nyamuk terutama nyamuk dewasa sehingga pada akhirnya metamorfosa dari nyamuk tersebut bisa dimusnahkan,”,jelasnya.