Musrenbang Kecamatan Burau, Lutim Fokus Pada 3 Program Prioritas

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Lutim-Musrenbang Kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan partisipatif dalam upaya untuk menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai situasi, kondisi dan perkembangan terkini. Maka dari itu, pada hari Selasa (12/02/2019), Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menggelar Musrenbang di Gedung Serbaguna Kecamatan Burau.

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur yang tergabung dalam Dapil 2 (Kecamatan Wotu dan Burau) diantaranya Juddin Sira, Sukman Sadike dan Badawi Alwi.

Dalam sambutan Bupati Luwu Timur yang dibacakan Asisten Pemerintahan, Drs. Dohri As’ari mengatakan, Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan Tahun 2020 yang dilaksanakan saat ini, merupakan Musrenbang yang keempat masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2016-2021 dengan Visi “Luwu Timur Terkemuka 2021”.

Pada Tahun 2020, sambung Dohri, akselerasi pembangunan semakin didorong dan diperkuat dalam mencapai sasaran pembangunan sesuai RPJMD Kabupaten Luwu Timur 2016-2021. Agar Arah Pembangunan lebih fokus dan terarah di Tahun 2020, maka diusung Tema Pembangunan “Pemantapan Kemajuan Dan Kemandirian Daerah Melalui Akselerasi Kesejahteraan Dan Pelayanan Umum”.

Lanjut Dohri, untuk mengakselerasi Tema Pembangunan tersebut, maka Kebijakan Pembangunan di Prioritaskan pada : 1. Pembangunan Manusia melalui peningkatan kualitas Pelayanan Dasar dan Penanggulangan Kemiskinan; 2. Pemantapan Pertumbuhan Ekonomi Daerah melalui Akselerasi Pembangunan Pertanian dalam Arti Luas, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, serta Pengembangan Pariwisata; 3. Pemantapan Daya Saing Daerah melalui peningkatan Pemenuhan Layanan Infrastruktur Dasar berkualitas yang mendukung Penguatan Konektivitas; 4. Pemantapan Tata Kelola Pemerintahan yang berkualitas; 5. Pengembangan Kawasan Strategis Daerah dan Pelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun 2020 ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan dipadu serasikan dengan kebijakan dan program pembangunan Pemerintah dan analisis para teknokrat di berbagai bidang pembangunan,” kunci Dohri.

Dalam Musrenbang ini, Camat Burau, Muh. Syukri, menyampaikan 3 program yang menjadi prioritas di tahun 2020 yakni pemerataan pembangunan di 18 desa, pengembangan potensi pariwisata dan pemasangan bronjong sungai Landuri.

Pada musrenbang kali ini, Kecamatan Burau mengusulkan 119 usulan dari 18 Desa se-Kecamatan Burau.