Musrenbang Kecamatan Mangkutana, 11 Desa 77 Usulan Prioritas

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Lutim-Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Pertemuan Kecamatan Mangkutana, yang di buka oleh Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika, S.STP, MM., Rabu (13/02/2019).

Musrenbang tersebut dihadiri Ketua Komisi 1 DPRD Kab. Luwu Timur Dapil 3, Mangkutana Raya (Kecamatan Tomoni, Mangkutana, Kalaena, Tomoni Timur), Tugiat, S.Ag. Sekretaris Komisi 1 Dapil 3, H. Imam Muhajir, Wakil Ketua Komisi II DPRD Luwu Timur, Leonard Bongga, Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur Dapil 3, diantaranya Idrus, Rully Heriawan, dan I Made Sariana.

Bupati Luwu Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika, S.STP, MM. mengatakan, Musyawarah perencanaan  pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan Daerah.

“Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan Desa/Kelurahan di lingkup Kecamatan yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan, yang diintegrasikan dengan Prioritas Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan yang mencakup : 1. Usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang tertuang dalam daftar usulan Desa/Kelurahan yang akan menjadi Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan harus sesuai dengan Sasaran dan Prioritas Pembangunan; 2. Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang  belum tercakup dalam Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa; dan 3. Pengelompokan Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota,” kunci Aini Endis Anrika.

Sementara Camat Mangkutana, Awaluddin Anwar mengatakan, Musrenbang kali ini mengangkat tema “Pemantapan Kemajuan dan Kemandirian Daerah Melalui Akselerasi Kesejahteraan dan Pelayanan Umum”. Musrenbang yang kami gelar di tingkat desa menghasilkan 7 usulan prioritas di tiap desa se-Kecamatan Mangkutana.

“Total usulan yang kami dapat setelah menggelar Musrenbang tingkat desa ialah 79 usulan prioritas, dimana 77 usulan dari desa ditambah 2 usulan dari Kecamatan. Untuk tahun 2019 Kec. Mangkutana mendapatkan anggaran sebesar Rp. 69 M,” ungkap Awaluddin Anwar.