Jadi Pembicara Kuliah Umum di Unibos, WR II ITB Harap Kampus Ikuti Perkembangan Teknologi

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Makassar-Guna memberikan tambahan wawasan bagi civitas akademika, Universitas Bosowa (Unibos) menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Wakil Rektor II institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pemateri.

Kuliah umum dengan tema Entreprenurial University and Town: Challenge and Opportunity for Future University ini digelar di Balai Sidang 45 Universitas Bosowa, Jumat (15/02/2019).

Kegiatan yang dibuka Rektor Unibos turut dihadiri Founder Bosowa H.M. Aksa Mahmud, Managing Director Bosowa Education Cahyo Winarto, jajaran pimpinan Unibos dan sejumlah 300 mahasiswa dan karyawan Unibos.

Dengan mengangkat tema tersebut, WR II ITB menuturkan beberapa hal penting yang harus dimiliki sebuah perguruan tinggi untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

“Universitas itu harus berbasis society. Dimana sebuah kampus harus menunjukan inovasi yang memiliki perkembangan dalam berbagai bidang termasuk berkecimpung dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi”Ujar WR II ITB Prof. Wawan Gunawan, M.Si.

Sehingga lanjutnya kelak dapat memperkuat kebangsaan dan kemandirian bangsa. “Saat ini perguruan tinggi pun harus mengikuti era 4.0. dimana segala hal berbasis perkembangan teknologi dan masa berbaur bersama masyarakat melalui jalur penghubung secara online. Proses pembelajaranpun dapat berubah. Yang dari face to face dapat dilakukan melalui media penghubung”Ungkapnya.

Prof. Wawan juga menjelaskan
Yang harus diperhatikan pada lini sebuah perguruan tinggi adalah bagaimana perguruan tinggi dapat memenuhi kebutuhan industri, memiliki kolaborasi antara industri dalam melakukan reseacrh, legalitas sebuah perguruan tinggi, budaya dan etika perguruan tinggi termasuk bagaimana performance sumber daya dalam menghadapi era digital yang harus berbaur.

“Kemudian melengkapi fasilitas sesuai kebutuhan era dan membentuk komunitas-komunitas yang dapat membantu distribusi dan pengembangan minat bakat sumber daya dalam bidang digital”, tambahnya.

Menurut Prof. Wawan perguruan tinggi itu ada beberapa tipe, Seperti yang fokus pada pendidikan, fokus pada riset dan pendidikan, fokus pada riset dan pendidikan tetapi ada fasilitas komersialisasi. Namuan kata dia terlebih dari beberapa fokus perguruan tinggi, intinya bagaimana bidang pendidikan itu harus membuka mata terhadap perkembangan teknologi dan melihat bahwa era digital inilah sebagai era yang mambu membantu dalam pertumbuhan ekonomi nasional. “Intinya mari mengembangkan kampus yang memiliki nilai inovasi, nilai tambah ekonomi, nilai tambah sosial dan mendukung agar kelak keluaran universitas dapat membantu bangsa menjadi kuat, bersatu, berdaulat, bermartabat dan sejahtera. Dan saya yakin Unibos salah satu kampus yang akan mewujudkannya”, ungkap WR II ITB.

Prof. Saleh Pallu, M.Eng. Rektor Unibos dalam sambutannya menyampaikan, jika mengundang tokoh-tokoh inspiratif menjadi suatu kewajiban agar wawasan civitas akademika Unibos semakin bertambah luas. “kegiatan kuliah umum dengan menghadirkan tokoh nasional atau tokoh inspiratif yang membantu kami mengembangkan wawasan itu kami lakukan hampir rutin setiap bulan. Ini berguna untuk peningkatan kualitas pendidikan dan SDM di Unibos”Ujarnya.

“Semoga kedepan dengan kegiatan ini, Unibos semakin terbuka terhadap dunia pendidikan yang berkualitas dan dapat memacu untuk melakukan pengembangan sesuai harapan kita semua”, Tutupnya.