Laskar Merah Putih Makassar Gelar Lomba Orasi

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Ratusan pemuda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dan sejumlah elemen kepemudaan, akan menggelar aksi demonstrasi di Rumah Jabatan Walikota Makassar, dalam waktu dekat ini.

Uniknya, rencana ini malah mendapat dukungan penuh dari Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Dalam siaran persnya, Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Kota Makassar, Maulana Yusdianto mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk perwujudan kecintaan para generasi muda di Makassar akan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Rencana ini merupakan akumulasi dari kegelisahan kami melihat pertikaian yang terjadi di masyarakat saat ini, khususnya di media sosial terkait perbedaan dukungan di pemilihan presiden 17 April mendatang,” terang Maulana.

Atas dasar keresahan itulah lanjut Maulana, pihaknya kemudian memutuskan untuk menggelar Lomba Orasi Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se Kota Makassar. “Temanya, Pesan Damai dari Makassar Untuk Indonesia,” jelasnya.

Pada lomba yang rencananya akan digelar 20 Februari mendatang tersebut, para peserta nantinya diwajibkan untuk menyampaikan orasi berisi perlawanan terhadap pertikaian dan upaya untuk memecahbelah kebersamaan di Kota Makassar. “Intinya, para peserta akan berorasi untuk mendukung terjaganya kebersamaan dan keberagaman di Makassar,” papar Malauna.

Maulana menambahkan, pihaknya juga akan menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema yang sama di Rumah Jabatan Walikota Makassar tanggal 21 Februari 2019. “Rumah jabatan walikota nantinya akan didesign layaknya mimbar orasi yang penuh dengan pamflet-pamflet layaknya aksi unjuk rasa. Dari FGD itu pun nantinya kami berharap lahir masukan untuk para pengambil kebijakan di Kota Makassar untuk menjaga agar Makassar tetap kondusif hingga selesainya momen Pemilu 2019,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ute Nurul Akbar, mengatakan, dewan juri lomba nantinya akan terdiri dari Ketua LMP Makassar, aktivis dan unsur kepemudaan. “Babak penyisihan lomba akan kami laksanakan pada hari Rabu ini di Rujab Walikota Makassar,” terangnya sambil menambahkan bahwa untuk FGD, akan dilaksanakan mulai pukul 18.30 WITA pada Kamis (21/2/2019).