Baliho Caleg Banyak Tertancap di Pohon,  Kinerja Panwas Dipertanyakan

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 bersamaan dihelat di Indonesia, sejumlah kandidat melakukan pelbagai cara mempromosikan diri secara massif melalui media sosial maupun sosialisasi pemasangan Baliho.

Namun, patut disayangkan bahwa beberapa baliho masih saja ditemukan di sejumlah fasilitas publik seperti jalan protokol, taman, pepohonan bahkan wilayah Kuburan.

Dari pantauan media, Senin (25/2/2019), nampak sejumlah baliho Caleg terpampang di pepohonan jalan DR Leimena dan sepanjang jalan Racing Center (Jl. Prof Andi Basalamah) kec Panakkukang Makassar. Parahnya lagi baliho baliho tersebut direkatkan dengan memaku pohon.

Dihubungi Via WhatsApp, Ketua Pengawas Pemilihan Umum (Panwas) kota Makassar Nursari, mengatakan bahwa jika tidak sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 90/HK.03.1- kpt/7371/KPU-kot/IX/2018, tentang lokasi pemasangan alat peraga kampanye pada pemilihan umum 2019 maka itu dinilai pelanggaran.

“Yang tidak sesuai dengan ini (Keputusan KPU kota Makassar), pemasangannya berarti melanggar.” tegas Nursari.

“Penertibannya tergantung kesiapan di kecamatan masing masing, karena ini berkaitan dengan kesiapan Satpol PP di kecamatan.” tambahnya.

Disisi lain, sudah ada Undang-Undang Lingkungan Hidup yang melarang pemasangan baliho dan banner pada pohon, yaitu UU RI no 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.