Cegah Paham Radikal, Bupati Wajo Gandeng Kampus IAI Asadiyah Sengkang

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Wajo- Bupati Wajo Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si mengunjungi Kampus Institut Agama Islam Asadiyah Sengkang dan bertemu dengan civitas akadika kampus tersebut, Sabtu (02/03/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor, Dekan, Wakil Dekan , Ketua Prodi , Dosen yang kesemuanya dari IAI Asadiyah Sengkang dan juga Andi Pallawwarukka S.IP., M.Si dari Pemkab Wajo.

Kedatangan Bupati Wajo ini guna membicarakan Rencana Kerjasama Pemkab Wajo dengan Institut Agama Islam Asadiyah terkait pembinaan kampus anti terorisme, hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya pencegahan masuknya paham radikal di tempat-tempat ibadah atau masyarakat.

Rektor IAI Asadiyah mengatakan, kampus IAI Asadiyah yang dikelola ini dengan standar agama, karena itu ia mengusulkan kepada Bupati wajo untuk bersinergi mencegah paham radikal dengan cara membelajarkan 1 orang di tiap desa dengan berbasis tokoh agama desa untuk belajar di Kampus IAI Asadiyah selama 2 tahun atau setara dengan diploma dua. “ketika selesai, nantinya mereka kembali ke desanya dan bisa menjadi tokoh agama desa, yang diharapkan dapat membendung aliran radikal di desanya dan ini sejalan dengan program Bupati Wajo yaitu Gemantik”Ujar Rektor IAI Asadiyah.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si mengatakan upaya kerjasama kedepan adalah implementasi dari program Gemantik atau gerakan Mesjid Cantik, agar di setiap desa di backup oleh tokoh agama yang memiliki kemampuan untuk membentengi desanya dari gerakan radikal.”Disamping memiliki kemampuan manajerial , tokoh agama desa yang mau dicetak betul betul sesuai dengan yang diharapkan, sesuai dengan kompetensi dan manajerial, yang ditentukan oleh kepala desanya dan tentunya punya basis keagamaan”Ujarnya.

Nantinya lanjut Bupati Amran ada ikatan Mou Pemerintah dengan Institut Agama Islam Asadiyah ketika program tersebut dilaksanakan.”mudah-mudahan bisa di Mou kan di Hari Jadi Wajo Insya Allah”Tandasnya.