Kerja Mandiri Tim Monev Tingkatkan Pola Hidup Sehat dan Sanitasi Bersih Masyarakat Bara Baraya

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Petugas Puskesmas Bara baraya bersama sejumlah masyarakat dan Tim Monev USAID Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) , siang tadi menggelar Tudang Sipulung Monitoring evaluasi “Aman dan Santun” merupakan kampanye sosial air dan Sanitasi. Tujuan kegiatan dilaksanakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Memonitoring dan pendampingan. Serta evaluasi sejauh mana perubahan prilaku Hygiene sanitasi oleh masyarakat.

Menanggapi kegiatan tersebut salah satu peserta dari Forum Jurnalis Sanitasi (FJS), Mismaya Al Khaerat mengatakan, informasi yang mereka dapatkan sangat menarik dan sangat bersentuhan dengan kerja- kerja mereka dalam FJS.

“ini menarik dan jadi amunisi bagi kami. Karena kerja kami memang konsen ke persoalan sanitasi. Ujar Maya sapaan akrabnya.

Menurutnya, kasus seperti ini baru segelintir, fenomenanya bagai gunung es. Dan berharap bisa ditularkan ke wilayah lain dan mengajarkan pada masyarakat.

“sebagai seorang Jurnalis dan calon legislatif di wilayah ini,  ini jadi penting bagi saya.  Dan pentingnya menjaga, memelihara sanitasi.” tambah caleg no 6 dari partai Demokrat ini.

Harapannya dengan kegiatan ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat yang dimulai dari pola hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Naisya T Asikin sangat mengapresiasi kepada tim Monev yg telah berjuang dengan masyarakat secara mandiri. Dan menurutnya ini adalah tantangan bagi Pemkot Makassar.

Naisya juga berharap kerja seperti ini memang perlu dukungan msyarakat dan pihak NGO.

“perlu komitmen bersama karena ini tanggungjawab kita semua. Dan sebaiknya pertemuan seperti ini jangan di kantor SKPD atau pemerintahan. Karena kesannya ini adalah tanggungjawab pemerintah semata. Sehingga tidak ada partisipasi dari masyarakat.” ujar Naisya saat sambutan mewakili Walikota Makassar.