Kanwil DJBC Wil Sulbagsel Canangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi

Editor : Muh. Idris
Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati, Saat sambutan dalam acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WBBM), Kamis (14/3/2019).
Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati, Saat sambutan dalam acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WBBM), Kamis (14/3/2019).

Online24jam,Makassar – Ditandai dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas dan semangat untuk melakukan reformasi dan perbaikan di dalam menjalankan tugas dan fungsinya, jajaran Bea Cukai Wil Sulawesi Bagian Selatan canangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK BBM). Demikian kegiatan yang digelar di Kantor Wilayah Dirjen Jendral Bea Cukai (Kanwil DJBC), Sulawesi Bagian Selatan,(SulbagSel),Kamis, (14/3).

Dalam sambutannya, Kakanwil DJBC Sulbagsel, Padmoyo Triwikanto. Mengatakan Bea Cukai selama ini punya tugas untuk melindungi masyarakat dari berbagai macam gangguan. Kemudian punya tugas untuk mencari uang untuk mengisi kas negara dimana uang ini merupakan bagian dari penerimaan pajak. Perpajakan inilah yang digunakan untuk membiayai pembangunan di Indonesia, serta memfasilitasi pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik dengan berbagai macam fasilitas diberikan pelayanan dengan harapan akan mendorong pertumbuhan ekspor yang akan menghasilkan devisa dan juga ekonomi dalam negeri industri dalam negeri akan tumbuh yang nantinya juga akan dinikmati oleh masyarakat.

“nah ini tentu akan membawa suasana kehidupan industri di sini juga akan semakin baik itulah makanya Sinergi dari semua untuk saling bekerja sama menjaga akuntabel transparan dengan semangat tadi enggak ada korupsi, kita bersih birokrasinya, melayani penuh integritas. inilah sikap mental yang luar biasa yang harus kita bangun kita dukung bersama.” ujar Kakanwil DJBC Sulbagsel, Padmoyo Triwikanto.

Para Mitra Kanwil DJBC sulbagsel usai penandatanganan Piagam Integritas Bersama.

Sementara itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati, mengatakan dengan pencanangan zona integritas ini merupakan sesuatu momentum yang luar biasa, karena mencerminkan niat semangat untuk terus melakukan reformasi, perbaikan didalam menjalankan tugas dan fungsi Bea Cukai.

“Ini merupakan wujud komitmen Kanwil DJBC Sulawesi bagian Selatan yang tadi disatukan dalam program Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) di bawah bimbingan dan arahan dari Dirjen selaku Inspektur Jenderal yang bertanggung jawab untuk program ini kita dukung penuh dan mudah-mudahan kualitas layanan kita, kualitas pengawasan kita, di hari hari kedepan lebih baik dengan adanya pencanangan ini.” Ujar Sumiati, Saat hadir dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ini tidak hanya tanggungjawab bea dan cukai yang akan menjalankan namun ini harus disosialisasikan dan disupport oleh para mitranya, para eksportir importir, aparat penegak hukum, dan Pemerintah Daerah. Menurutnya ini harus disupport saling bersinergi untuk membangun suasana kerja yang lebih baik, yang akuntabel transparan sesuai aturan.