Muhammad Hidayat Terpilih Sebagai Duta Anak Luwu Utara 2019

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Masamba – Muhammad Hidayat dari Kecamatan Masamba terpilih sebagai Duta Anak Kabupaten Luwu Utara 2019. Ia mendapatkan nilai tertinggi (880) dalam Pemilihan Duta Anak Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (16/03/2019), di Teras Adira Masamba.

Posisi kedua, ketiga, dan keempat, masing-masing ditempati Tzabitha Tjarwal (875), Sitti Fauziah Yusuf (860), dan Dias Aryo Pangestu (858). Ajang ini dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Luwu Utara.

Empat besar Duta Anak Luwu Utara ini selanjutnya akan menjadi Agen Pelopor dan Pelapor (2P), sekaligus sebagai motivator bagi anak-anak di Kabupaten Luwu Utara. Tugas lainnya adalah berkontribusi dalam setiap kegiatan dalam rangka mewujudkan Luwu Utara Layak Anak, serta harus terlibat dalam kampanye Three Ends, yakni Akhiri Kekerasan Terhadap Anak, Akhiri Perdagangan Anak, dan Akhiri Ketidakadilan Akses Ekonomi untuk Perempuan.

Bupati melalui Asisten Administrasi Pembangunan, Muhammad Kasrum, berharap agar ajang ini tidak dijadikan sebagai ajang seremonial yang berlalu tanpa makna. Pemenang Duta Anak, kata Kasrum, harus mampu menjadi agen perubahan melalui aksi 2P, yaitu sebagai Pelapor dan Pelopor.“Saya berharap anak-anakku bisa berperan aktif menyampaikan seluruh permasalahan kepada Pemerintah Daerah,” ucap Kasrum saat menutup acara tersebut.

Kasrum mengatakan, prioritas pembangunan di Lutra adalah mewujudkan Kabupaten Layak Anak dengan melibatkannya di Musrenbang, mulai dari desa sampai kabupaten. “Kita harus memberi ruang kreativitas kepada anak-anak untuk berperan aktif mengawal pembangunan. Nah, untuk menghadirkan SDM yang unggul tentu harus dimulai dari pemenuhan hak-hak anak, sehingga mereka tumbuh berkembang secara baik dan benar,” terang Kasrum.

Usai Pemilihan Duta Anak, juga dilakukan Deklarasi Anti Perkawinan Anak dan Anti Narkoba dengan membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa. Dalam Pemilihan Duta Anak Kabupaten ini, DP3A Luwu Utara juga memilih Duta Anak Kecamatan. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala DP3A Nurhusnah, Ketua APSAI Luwu Utara Haris Kasmad, Sekretaris Dinas Kesehatan Ratna dan para pendamping Forum Anak se-Kabupate Luwu Utara.