Ketua IWO Sulsel Berbagi Ilmu Jurnalistik di Pelatihan UKM Pers UIM

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik IX di Gedung PWNU Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Selasa (09/04/2019).

Dalam diklat tersebut, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel, Akbar Hadi, hadir untuk berbagi pengetahuan dengan peserta terkait Dasar-dasar Jurnalistik.

Akbar Hadi atau biasa disapa Ahad dalam pemaparannya menekankan agar mahasiswa harus terus mengasah diri dan tidak berhenti belajar mengenai ilmu jurnalistik.

“Ilmu jurnalistik ini sangatlah penting apalagi di era sekarang ini yang telah memasuki revolusi industri 4.0. Dan tidak semua orang bisa memahami seperti apa itu jurnalistik makanya adik-adik harus terus belajar di UKM Pers ini, karena kedepannya orang yang paham jurnalistik akan dibutuhkan masyarakat,” tutur Ahad.

Eks wartawan Koran Tempo Makassar ini juga menegaskan seorang insan pers atau jurnalis harus mengedepankan integritas dan menjunjung tinggi multikultural sebagai ciri khas serta kekuatan bangsa Indonesia.

Menurut Ahad, sekarang ini maraknya hoax atau berita bohong yang menginginkan perpecahan di antara kelompok masyarakat bahkan bangsa begitu terasa. Sebagai mahasiswa, lanjut Ahad, apalagi pers harus tampil untuk menangkal hoax ini serta turut bersama-sama menyadarkan dan memahamkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita belajar sejarah di mana zaman penjajahan dulu peran Pers sangat kuat khususnya untuk mengobarkan semangat perjuangan rakyat sehingga bangsa ini dapat meraih kemerdekaannya,” jelas dia.

Kegiatan Diklat dalam rangka perekrutan anggota baru ini akan berlangsung selama enam hari dengan di bagi menjadi dua bagian, sesi pertama peserta akan dibekali dengan materi indoor selama 4 hari, selanjutnya peserta akan mendapatkan materi lapangan sekaligus praktek untuk bekal skill.

Ketua umum UKM PERS UIM, Gayub Tiflen, mengatakan Diklat Jurnalistik ini dilakukan untuk melacak dan mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang jurnalistik. Pasalnya, dunia jurnalistik sampai dewasa ini, menjadi pengetahuan yang paling di minati dari berbagai kalangan, maka penting kiranya ini menjadi wadah untuk pengembangan minat dan bakat kedepannya.

Kegiatan yang dibuka secara langsung Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik UIM sekaligus dewan pembina UKM PERS UIM, Fadli Rahman, ST, MT, Turut hadir Dewan PERS UIM La Ode Rasmin, S.Si, dan beberapa perwakilan lembaga intra dan extra universitas islam makassar serta tamu undangan.