Pemkab Soppeng Gelar Workshop Updating Neraca Jakstrada Pengelolaan Sampah 2019

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Soppeng-Pemerintah kabupaten Soppeng menggelar Sosialisasi Adipura / Workshop Updating Neraca Jakstrada Pengelolaan sampah 2019, acara yang digelar di Ruang pola kantor Bupati Soppeng, Jum’at (12/042019), dihadiri Bupati Soppeng Kaswadi Razak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Soppeng Drs.A.Aswan A.Said, M.Si dalam laporannya menyampaikan pengurangan sampah plastik merupakan strategi pemerintah untuk mempertahankan Adipura.

“Harapan kita bersama mari mendukung pemerintah dalam program pengurangan sampah demi kenyamanan bersama terutamanya mempertahankan Adipura”Ujarnya.

Bupati Soppeng dalam kegiatan tersebut mengatakan meraih Adipura merupakan suatu kebanggaan untuk semua, sehingga lanjutnya untuk meraih Adipura perlu dibangun kesadaran kolektif dari semua stake holder yang ada.

Kedepan tambahnya kedepan agar dapat mengendalikan produksi sampah plastik agar lebih ditertibkan demi mengurangi sampah, sebab kata dia bangsa indonesia menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) masuk dalam peringkat ke 2 negara penyumbang sampah plastik di Dunia dibawah Cina.

“Selain program pengurangan sampah, kami juga telah melaksanakan program MAPPADECENG yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat baik itu dibidang Kesehatan, Pendidikan dan Sosial kemasyarakatan”Katanya.

Orang nomor satu di Pemda Soppeng ini juga meminta untuk Memanfaatkan inovasi-inovasi Desa dan SKPD yang telah ada secara sempurna agar bisa memberikan pembekalan atau motivasi. “Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman, menyatukan persepsi dan mendorong komitmen kita bersama serta membangun kerja sama dan sinergitas dalam pengelolaan lingkungan”Tandasnya.

Sementara Kabid Lingkungan Hidup Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ibu Mery Hadriani Chaeruddin yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan terkait penyediaan tempat sampah pihaknya akan menilai secara keseluruhan, sementara terkait pengelolaan sampah pihaknya mengajak semua fihak untuk turut mendukung.

“Dalam melakukan pengelolan sampah kami dari Kementerian tidak bisa turun sendiri olehnya itu kami juga butuh dukungan dan bantuan dari semua Pihak terutama dari Masyarakat dan Pemerintah Daerah”Harapnya.

Turut hadir, Sekda, Sekretaris Komisi 2 DPRD Kab.Saoppeng, Kepala SKPD Kab.Soppeng, Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kab. Soppeng