Gowa akan Miliki Perpustakaan Ramah Ibu dan Anak

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Gowa – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membangun perpustakaan umum dengan layanan ibu dan anak.

Hal tersebut dibahas saat pihaknya melakukan audience dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gowa di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Selasa (16/4).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh Hasan Sijaya mengatakan, perpustakaan umum yang akan dibangun akan berkonsep ramah anak dan ibu. Ramah anak dan ibu yang dimaksud yaitu perpustakaan akan dibuat dengan konsep yang dapat diminati anak. Sehingga perkembangan anak bukan hanya dimanfaatkan dengan bermain gadget saja, tetapi mulai memperkenalkan dengan berbagai buku-buku bacaan yang bervariasi.

“Rencananya konsep bangunannya nanti yaitu disiapkan khusus untuk anak begitupun dengan ibunya. Jadi anaknya bermain sambil membaca buku sesuai usianya, ibunya pun demikian,” ujarnya.

Ia mengatakan, hanya saja sebelum dilakukan pembangunan perpustakaan ini dipastikan lahan yang akan ditempati membangun itu telah memiliki sertifikat tanah.

“Dipertemuan ini kita bahas terkait proses administrasi pembangunan perpustakaan dan syarat-syaratnya. Salah satunya lahan yang akan digunakan untuk membangun harus memiliki sertifikat resmi,” katanya

Untuk anggaran pembangunannya akan mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sekitar Rp4,2 miliar.

“Bapak Bupati Gowa sangat menyambut baik rencana ini. Beliau sangat mendukung karena ini untuk mencerdaskan generasi yang cerdas dan berwawasan luas,” ujarnya.

Adanya perpustakaan umum yang ramah anak dan ibu ini diharapkan dapat menjadi tempat rekreasi keluarga dan tempat bermain anak yang aman.

Bupati Adnan mengatakan, perpustakaan umum yang ramah anak ini hanya dibangun dengan konsep layanan, bukan kantor sekretariat dan sebagainya.

“Kami sangat menyambut baik rencana ini. Kehadiran perpustakaan dengan konsep berbeda seperti ini dipastikan akan sangat diterima masyarakat,” katanya.

Sementara, untuk persoalan lahan bangunan masih akan dicarikan tempat yang betul-betul strategis.

“Kami akan mencarikan lokasi yang sangat strategis, karena perpustakaan umum ini memang harus berada di lokasi yang dapat dijangkau dengan sangat mudah oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gowa Muh. Taslim menambahkan, pihaknya mengapresiasi dengan adanya pembangunan layanan perpustakaan yang ramah anak dan ibu.

“Ini akan menambah layanan perpustakaan kami di Gowa, apalagi ini akan dibangun dengan konsep yang berbeda,” tambahnya.

Menurutnya, untuk desain bangunannya akan bangun sesuai lahan yang didapatkan nantinya. Jika luas lahannya tidak luas rencana akan dibangun minimal berlantai 3, sementara jika lahannya luas akan dibangun minimal berlantai 1 hingga 2.

Perpustakaan umum ini akan menyiapkan sejumlah buku bacaan yang beraneka ragam, ruang khusus untuk anak, beberapa alat permainan anak dan fasilitas pendukung lainnya. (CH)