Mahasiswa STIM Nitro Study Lapang di PT.Semen Tonasa

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Tonasa, – Ratusan Mahasiswa/i STIM Nitro melakukan Study lapang di PT.Semen Tonasa (Persero) yang didampingi oleh Dosen Pengampuh Mata Kuliah Dr.Rosnaini Daga. Adapun tujuan dilakukannya Study lapang ini adalah untuk menambah wawasn Mahasiswa tentang Strategy yang dijalankan oleh Perusahaan sehingga mampu berkompetisi dengan Perusahaan lainnya.

Kedatangan mahasiswa ini ditemui langsung Tamrin, Manajemen PT.Semen Tonasa dalam penjelasannya, disampaikan Strategy Cost Leadership yang dijalankan oleh Tonasa, apalagi disaat sulit seperti kondisi saat ini perlu efesiensi penggunaan biaya dengan kualitas Produk yang bagus.
PT.Semen Tonasa mempunyai Program Pemeliharaan karyawan dengan memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi, salah satu standar penilaian karyawan berprestasi adalah Karyawan yang tidak pernah terlambat selama satu tahun. Dan mereka mendapatkan hadiah umrah suami istri.

Sementara untuk proses Produksi Semen Tonasa sebelumnya menggunakan Proses Produksi basah yaitu menggunakan solar, saat ini Proses Produksi menggunakan Proses kering dengan menggunakan bahan bakar batu bara. Selanjutnya PT.Semen Tonasa juga memiliki Program Pemelihaan Lingkungan hidup, dengan melakukan Kegiatan reklamasi, bekas tambang dihijaukan dengan menanami pohon dan sebagian diolah menjadi sawah untuk ditanami padi.

Setelah mahasiswa menerima materi di ruang pertemuan lantai 6 Kantor Pusat PT.Semen Tonasa, Selanjutnya mahasiswa didampingi oleh Pihak PT.Semen Tonasa berkeliling Pabrik Untuk melihat Proses pembuatan Semen. Sesuai Standar dan Prosedur (SOP) yang berlaku Pada PT.Semen Tonasa bahwa setiap pengunjung tidak boleh mengambil gambar selama berkeliling Pabrik.
Kampus STIM Nitro dengan Motto 3 B (Belajar, Berorganisasi dan Berwirausaha) untuk menjawab tuntutan zaman era 4.0 maka pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas, akan tetapi juga dilaksanakan di luar kelas seperti melakukan Study lapang pada Perusahaan-Perusahaan Baik Perusahaan Pemerintah (BUMN) maupun Perusahaan Swasta, agar mahasiswa mendapatkan sharing ilmu pengetahuan dari Praktisi sesuai dengan bidang yang di geluti di Perusahaan.