Dinas P3A Gowa Gelar Kongres Anak 2019

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Gowa — Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar Kongres Anak Penguatan Forum Anak dan Pemilihan Duta Anak 2019, di Wisata Kebun Gowa, Kecamatan Bontomarannu, Senin (29/3).

Kongres yang diikuti 50 orang anak terdiri dari beberapa unsur dari sekolah dan forum anak hasanuddin dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Gowa, Muhammad Rusdi sekaligus mengukuhkan Forum anak Hasanuddin Gowa periode 2019-2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Kawaidah Alham menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah, masyarakat, anggota forum anak dan semua aktifitas anak di Gowa.

“Kongres ini digelar untuk mewujudkan pembangunan yang responsif terhadap hak, kebutuhan dan kepentingan terbaik bagi anak,” jelasnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengintegrasikan potensi SDM, keuangan, sarana dan prasarana, metode, dan tekhnologi yang ada pada pemerintah, masyarakat serta forum anak di Kabupaten Gowa dalam mewujudkan hak anak dan kabupaten layak anak.

“Jadi ini salah satu upaya untuk memperkuat peran dan kapasitas pemerintah dikabupaten dalam mewujudkan pembangunan di bidang perlindungan anak dalam mempersiapkan verifikasi dan evaluasi lapangan kabupaten gowa menjadi kabupaten layak anak,” tambahnya.

Sementara, Muhammad Rusdi mengatakan bahwa anak merupakan amanah yang senantiasa harus dijaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak- hak sebagai manusia yang harus di junjung tinggi, mulai dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara juga dari sisi perkembangan fisik dan psikis manusia.

“Dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita-cita bangsa. Sedangkan daribsisi perkwmbangan fiaik dan psikis anak merupakan pribadi lemah yang masih membutuhkan perlindungan,” ujarnya.

Ia juga berharap kiranya kegiatan ini dapat dipergunakan sebagai media bagi anak-anak di Kabupaten Gowa untuk saling bertemu serta mengumpulkan informasi dan data yang mendukung upaya pemenuhan hak anak di Gowa.

“Saya berharap kongres ini mampu menghasilkan regulasi yang searah dan sejalan antara rencana program kegiatan dengan pelaksanaanya sehingga organisasi forum anak gowa ini benar-benar bermanfaat bagi anak Gowa maupun masyarakat dan pemerintah daerah,” ungkap Asisten Pemerintahan ini kepada seluruh peserta kongres yang hadir.

Diakhir kegiatan juga akan dilaksanakan Pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa 2019. (*)