Bupati Husler Gelar Rakor Penanganan Banjir Lutim

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Lutim-Sehari setelah meninjau beberapa titik lokasi banjir yang melanda beberapa desa di Kabupaten Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan banjir dengan OPD terkait di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (01/05/2019).

Rakor ini bertujuan untuk mensinergikan upaya Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam upaya penanganan bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Luwu Timur.

Sejumlah arahan disampaikan Bupati dalam rapat tersebut, salah satunya adalah mengenai bantuan sembako yang diperlukan oleh warga yang berdampak banjir untuk dapat segera disalurkan.

Selain bantuan sembako, Bupati Husler juga menyampaikan agar dinas terkait mempersiapkan bantuan dapur umum, dan bantuan lainnya seperti posko kesehatan, penyaluran air bersih.

“Semua ini kita lakukan, sebagai bentuk perhatian dan tanggungjawab Pemkab Luwu Timur kepada masyarakat yang saat ini terkena musibah,” tukasnya.

Sejauh ini, Pemkab Luwu Timur tengah mengambil langkah tindakan penanganan darurat, diantaranya bantuan logistik, evakuasi korban dan pelayanan kesehatan.

Berkaitan dengan penanganan pasca bencana banjir, Husler menjelaskan bahwa saat ini perlu perbaikan beberapa infrastruktur yang harus segera ditangani untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Berdasarkan data yang diterima oleh pihak Pemkab Luwu Timur, dampak banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Luwu Timur, sebanyak 18 desa di 7 Kecamatan.

Seperti di Kecamatan Malili ada 4 desa yang terdampak banjir, yakni Desa Ussu, Desa Puncak Indah, Desa Pongkeru, dan Desa Laskap.

Untuk di Kecamatan Wasuponda, ada 2 desa yakni Desa Balambano, dan desa Kawata. Sedangkan untuk di Kecamatan Kalaena ada 3 Desa, yakni Desa Sumber Agung, Desa Sumber Makmur, dan Desa Argomulyo.

Untuk di Kecamatan Mangkutana ada 2 desa yakni Desa Kasintuwu dan Desa Manggala, Di Kecamatan Wotu ada 3 desa yakni Desa Kalaena, Desa Tabaroge dan Desa Karambua, Kecamatan Tomoni Timur ada 3 desa yakni Desa Manunggal, Desa Alam Buana, Desa Cendana Hitam Timur dan untuk Kecamatan Angkona ada 1 desa yakni Desa Wanasari.