Harga Bawang Putih di Makassar Relatif Normal

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar – Beberapa daerah dikabarkan bahwa harga bawang putih tengah melambung tinggi, bahkan telah menyentuh angka Rp 100.000 per kilogram (kg), seperti terjadi di Jambi. Sementara di Makassar harga bawang putih relatif normal di kisaran rata-rata Rp. 45.000,- per kilo.

Berdasarkan sumber resmi harga bahan pokok yang dikeluarkan PD Pasar normalnya harga bawang putih di tingkat pedagang dijual kisaran Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per kilogram (kg). Diantara 10 pasar di Makassar.

Termurah adalah pasar Terong Rp. 40.000,- per kg. menurut Direktur Operasional PD Pasar, Saharuddin Ridwan, mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses website resmi PD Pasar untuk mengetahui perkembangan harga bahan pokok secara pasti.

“Kalau masyarakat mau tau bisa lihat harga-harga bahan pokok di web PD pasar. Biar tidak terpengaruh dengan pemberitaan tentang kenaikan harga di Pasar.” imbau Sahar sapaan akrabnya.

Ia juga mengatakan harga bawang putih sebenarnya relatif normal. Kalau pun ada yang mahal hanya selisih sedikit dibanding pasar lainnya.

Info harga http://pasarmakassar.pro/utama/info-harga.php

“Jadi masyarakat itu bisa memilih di pasar mana mau membeli, karena dari 10 pasar itu ada beberapa yang murah. Contohnya Pasar Terong karena disana supplier pertama. Pasokan barang dari situ. Jadi lebih murah.” ujarnya.

Diketahui, kebutuhan bawang putih memang jadi barang incaran selama bulan Ramadan. Pasokan bawang putih kurang dikarenakan pengiriman tidak sesuai jadwal atau sering terlambat.

Salah seorang Supplier bernama Bobby pemilik toko mekar jaya, mengatakan untuk bawang merah sendiri, harga sudah mulai turun dikarenakan sudah ada pasokan dari bima dan jeneponto, karena sudah masa panen.