324 Siswa SMK Nasional Makassar Ikut Pesantren Ramadhan Bersama PII

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – 324 siswa SMK Nasional di jalan Dr. Sam Ratulangi, melaksanakan Pesantren Ramadhan. Event tahunan ini di laksanakan dari tgl 9-11 Mei 2019.

Pesantren Ramadhan atau belajar Islam bersama dengan Pelajar Islam Indonesia (PII). Merupakan kerjasama yang kedua sejak beberapa tahun lalu yang pernah digelar sebelumnya. Kali ini mengangkat Tema “Menciptakan Insan Muslim, Cendekia, Pemimpin” yang diikuti sekira 324 peserta terdiri dari perempuan 137, laki-laki 197. Semuanya adalah siswa kelas X.

Sekertaris Panitia, Fatimah Fitria mengatakan. Siswa diwajibkan ikut pesantren ini karena sertifikat yang diperoleh adalah tiket untuk melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

“Jadi mereka ini harus ikut dulu kegiatan selama 3 hari. Sebagai tiket untuk ikut PSG nantinya. Apalagi kegiatan ini sudah jadi tradisi di komplek Yayasan Wakaf Merdeka Perguruan Nasional Makassar.” ujar Fatimah.

Lebih lanjut dikatakan untuk tahun ini kegiatan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari SMK lalu SMA kemudian SMP dan nantinya sd. “Kita lakukan secara bergantian biar lebih fokus. Dibanding tahun lalu dilaksanakan secara serentak jadi tidak fokus dan kurang maksimal.” ujar guru agama ini.

Ada pun pembawa materi ada 5 orang masing-masing masing, Tema Thaharah – oleh Dra. Hj Djauharini Palangkey, tema Tata cara sholat & bahaya meninggalkan sholat – oleh Ust. Mahrus, Lc, M.Pdi, tema Tahsin Qur’an – oleh Drs. H. Hamka Hafid serta tema Bangkit mencintai Agama mu – oleh Drs. Patriris Hasanuddin, M. Pd dan tema Dahsyatnya Kemuliaan Akhlaq Rasulullah Saw – oleh Muh. Ridwan, S. Ag, M. Ag.

“Alhamdulillah ketua umum PII, Nurul Aulia,ST juga ikut hadir dari Jakarta karena mengingat peserta kami tahun ini paling banyak.”

Dan sebagai hari terakhir dirangkai dengan Buka puasa bersama dan berbagi takjil kepada masyarakat di depan Komplek Yayasan Wakaf Merdeka Perguruan Nasional Makassar di jalan Dr. Sam Ratulangi.