Safari Ramadhan Pemkab Soppeng, Ketua PA Bahas Pernikahan Dini

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Soppeng-Bupati soppeng H.A.Kaswadi razak, SE memberikan bantuan Dana Hibah kepada pengurus mesjid Nurul Mubim Bakke Desa Ganra dan Kecamatan Ganra saat menghadiri safari ramadhan, Sabtu (18/05/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan DPRD kab.soppeng, Dandim 1423 Soppeng, sekda, Ketua Pengadilan Agama, Kemenag soppeng, Para kepala SKPD, para kepala bagian Setda, Camat ganra bersama lurah/kades dan ribuan masyarakat

Ketua Pengadilan Agama watansoppeng Drs.Zaenal Farid SH saat memberi sambutannya menyinggung tentang penikahan dini atau dibawah umur, secara nasional kata dia tidak sampai 1% setiap tahun.

“Pada prinsipnya pernikahan sebelum waktunya adalah darurat,”ungkapnya.

Menurutnya, Secara nasional yang dianggap darurat ialah hamil sebelum nikah.

“Uang panaik juga bisa menjadi hal yang dianggap darurat”jelas Zaenal.

Zaenal mengajak masyarakat untuk memberikan pengertian dan menasehati anaknya agar menyadari bahwa pernikahan itu harus dilakukan di usia matang, baik dari faktor ekonomi maupun yang lainnya.

“Masyarakat juga harus mengajak anaknya untuk sekolah minimal menyelesaikan wajib belajar sebelum menikah”ujarnya.

Diakhir sambutannya Zaenal juga mengajak masyarakat bersama-sama untuk menyukseskan soppeng bebas dari peningkatan pernikahan dini.

Kemenag soppeng Dr.Huzaemah, S.Ag, M, Ag saat menyampaikan sambutannya mengatakan jika Bupati Soppeng saat ini mengetahui permasalahan yang muncul ditengah masyarakat, hanya saja kata dia dibutuhkan juga kerjasama dengan masyarakat.

“Terkadang Bupati sudah siap membangun tapi komitmen dari masyarakat belum ada, seperti lahan yang bermasalah” ujarnya.

Kalau ada permasalahan yang muncul lanjutnya, agar disampaikan secepatnya kepada pemerintah terkait.

“Mari mempererat silaturahim dan persaudaraan kita sesama muslim dan jauhi perselisihan karena kita semua adalah ber saudara”tutupnya.