Ini Harga Penukaran Tabung LPG 3 kg ke Tabung LPG 5,5 kg di Luwu Utara

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Masamba -Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DP2KUKM) bekerjasama dengan PT. Pertamina, Jumat kemarin telah melakukan penukaran tabung LPG 3 kg ke tabung LPG 5,5 kg di kalangan ASN. Rencananya, penukaran ini kembali akan dilaksanakan pada Senin 20 – 22 Mei 2019.

Hari pertama penukaran tabung gas, ada 30 ASN telah melakukan penukaran. Nah, dari hasil pantauan media ini, rupanya masih banyak yang bingung dengan harga penukaran tabung LPG 3 kg ke tabung LPG 5,5 kg. Kepala DP2KUKM Muslim Mustar menjelaskan bahwa pembelian dan penukaran tabung LPG dilakukan dengan tiga tingkatan.

Pertama, membeli 1 tabung LPG 5,5 kg plus isi, PT. Pertamina memberikan discount dengan harga Rp 300 ribu. Kedua, menukar 1 tabung gas LPG 3 kg tanpa isi dengan 1 tabung LPG 5,5 kg plus isi, cukup membayar Rp 175 ribu. Ketiga, menukar 2 tabung gas LPG 3 kg tanpa isi dengan 1 tabung LPG 5,5 kg plus isi, cukup membayar Rp 75 ribu.

Muslim berharap, seluruh ASN melakukan penukaran dengan harapan kelangkaan tabung LPG 3 kg yang selama ini dikeluhkan bisa diatasi. “Sesuai aturan hukum bahwa yang berhak memakai tabung LPG 3 kg adalah masyarakat miskin. Nah, masyarakat yang berpenghasilan di atas Rp 1,5 juta harus menggunakan tabung LPG 5,5 kg atau tabung LPG 12 kg,” kata Muslim.

Untuk itu, ia kembali menekankan agar ASN segera melakukan penukaran karena ASN dianggap berpenghasilan Rp 1,5 juta ke atas. “Penukaran tahap awal ini kita fokus dulu kepada ASN. Kenapa ASN? Karena Surat Edaran Gubernur Sulsel telah memberikan warning kepada seluruh ASN/TNI/Polri untuk tidak menggunakan tabung gas LPG 3 kg,” pungkasnya.