Tips Memilih Jas Hujan yang Awet, Aman, dan Nyaman

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Menggunakan jas hujan yang aman untuk menjaga pakaian tetap kering harus dipilih dengan mempertimbangkan bahan jas hujan dengan tepat.

Penggunaan jas hujan akan sangat penting bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan menggunakan sepeda motor. Kalau harus menunggu hujan reda, bisa-bisa kamu terlalu malam tiba di tempat tujuan. Oleh karena itu, sebaiknya selalu ada jas hujan yang tersedia di bagasi motormu. Jadi, kapan pun kamu membutuhkannya, bisa langsung dipakai untuk mengamankan diri kamu dari terpaan air hujan.

Nah, pakai jas hujan juga harus mempertimbangkan bahan yang aman dan nyaman untuk dipakai selama berkendara. Jangan sampai penggunaan jas hujan malah membuatmu repot saat menggunakan jas hujan di atas motor.

Berikut ini cara memilih jas hujan yang tepat untuk kebutuhanmu.
Pilih Jas Hujan Berwarna Cerah
Ya, meskipun kamu laki-laki, tidak ada salahnya kok, pilih jas hujan yang berwarna terang. Hal ini bukan hanya soal desain, tetapi juga keamanan saat berkendara. Jika hujan deras sedang menerjang, jarak pandang di sekitarmu pasti lebih terbatas. Kalau kamu pakai jas hujan berwarna gelap, pengendara lain mungkin akan kesulitan melihat motor yang sedang kamu gunakan. Meski risikonya tidak terlalu tinggi, hal ini menjadi salah satu hal yang bisa memicu potensi terjadinya kecelakaan. Meskipun kamu punya jaminan kesehatan karena sudah bayar bpjs setiap bulan, jangan sampai terpakai karena kecelakaan yang diakibatkan kecerobohanmu sendiri. Jadi berhati-hatilah saat memilih warna jas hujan. Jangan karena ingin terlihat keren, malah jadi tidak aman di perjalanan.

Hindari Penggunaan Jas Hujan Model Ponco. Jas hujan dengan model jubah memang lebih mudah dipakai. Kalau ada teman yang nebeng pulang juga bisa lebih mudah menggunakan jas hujan bareng. Namun, penggunaan jas hujan dengan bentuk jubah yang lebih dikenal dengan model ponco ini ternyata bahaya. Bagian belakang ponco yang menjuntai bisa mengganggu pengendara lain. Selain itu, ada kemungkinan bagian ujung tersebut masuk ke jeruji roda atau tersangkut ke bagian setang. Makanya, jas hujan dengan model two pieces lebih disarankan untuk faktor keamanan. Selain itu, pastikan juga terdapat ‘mata kucing’ pada bagian jas hujan. Bagian tersebut berfungsi untuk memantulkan cahaya lampu kendaraan agar mata pengendara lebih ‘awas’ saat berkendaraan.

Pilih Bahan Polyvinyl Chloride (PVC)
Untuk menjaga pakaianmu tetap kering, kamu harus menggunakan jas hujan dengan bahan yang kedap air. Penggunaan jas hujan berbahan Polyvinyl Chloride (PVC) bisa relatif lebih kedap air ketimbang jas hujan plastik atau parasut. Meskipun bahan ini lebih berat saat dikenakan, tapi kamu bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Pastikan juga kamu memilih bahan jas hujan dengan resleting tembaga atau kuningan yang bahannya tidak mudah berkarat.

Kalau kamu mau beli jas hujan untuk berjaga-jaga, mulailah untuk mencari bahan jas hujan sesuai dengan kriteria di atas. Meskipun harganya akan sedikit mahal ketimbang jas hujan yang biasanya diberikan oleh driver ojol, tapi dijamin lebih aman kok.