Kompetisi Liga 1 2019 akan Pakai VAR

Editor : Asri Muhammad
Teknologi VAR diterapkan di Piala DUnia 2018.
Teknologi VAR diterapkan di Piala DUnia 2018.

Online24, Makassar – Kompetisi Liga 1 musim 2019 akan berjalan berbeda. Hal ini karena Komite Eksekuif PSSI memutuskan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. PT Liga Indonesia Baru (LIB) dituntut bikin kajian dari sisi anggaran dan infrastruktur.

Keputusan ini disepakati dala. rapat Komite Eksekutif PSSI yang berlangsung di Jakarta pada akhir pekan lalu. LIB akan segera mengkaji anggaran biaya VAR dan PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA.

“PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

VAR adalah metode baru menjadi sorotan saat diimplementasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Peran VAR berpengaruh besar dalam meminimalisir kesalahan wasit dalam ambil keputusan.

Vietnam juga menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang bakal menggunakan VAR untuk putaran kedua V.League musim 2019. Seperti dilansir detik.com, ada dua opsi cara penggunaan VAR yang sedang dipertimbangkan Presiden Vietnam Professional Football (VPF), Tran Anh Tu.

Opsi pertama adalah membangun pusat VAR di Hanoi karena kota ini punya fasilitas dan koneksi oke untuk menerima sinyal dari stadion. Namun, opsi ini dianggap terlalu mahal karena harganya bisa mencapai 644.000 hingga 688.000 dolar Amerika setahun dan tidak mudah menerima sinyal dari stadion yang terletak di tempat yang jauh seperti di Pleiku.

Pilihan kedua adalah melengkapi mobil van dengan semua peralatan VAR untuk pergi ke stadion. Setiap van akan menelan biaya sekitar 258.000 dolar Amerika atau setara Rp 3,6 miliar.

Jika terealisasi, penggunaan VAR pada musim ini diharapkan mampu membuat Liga 1 berjalan lebih kompetitif. Pasalnya, meski baru berjalan dua pekan, wasit yang memimpin Liga 1 telah beberapa kali mengambil keputusan fatal. Diantaranya hadiah penalti saat laga PSS Sleman melawan Semen Padang.

Saat itu, wasit Armyn Dwi Sryathin memberi hadiah penalti ke PSS, padahal sang pemain tidak mendapatkan ganjalan dari pemain lawan.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu