Tips Mengajukan Pinjaman Lewat Layanan Fintech

Editor : Muh. Idris
Pinjaman dana untuk melakukan transaksi finansial kini bisa didapatkan melalui layanan financial technology (fintech) seperti PayLater di Traveloka.
Pinjaman dana untuk melakukan transaksi finansial kini bisa didapatkan melalui layanan financial technology (fintech) seperti PayLater di Traveloka.

Online24jam,Makassar – Pengajuan pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari akan sangat membantu semua orang saat sedang mengalami keadaan terdesak. Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk langsung membayar lunas semua transaksi daripada memakai pinjaman. Sayangnya, ada saja kesempatan yang memaksa seseorang untuk menggunakan pinjaman.

Saat ini, sudah banyak layanan transaksi online yang menawarkan produk pinjaman sebagai alternatif pembayaran. Layanan yang populer dengan sebutan financial technology (fintech) bisa dipakai agar siapa pun dapat melakukan transaksi meski sedang mengalami keterbatasan biaya. Nah, pastikan untuk memilih layanan pinjaman yang terpercaya agar bisa mendapatkan solusi pembayaran paling aman.
Buat Detail Akun Sesuai Data Pribadi
Sebelum mendapatkan layanan pinjaman, registrasikan data pribadi ke dalam akun layanan yang diinginkan. Pastikan untuk mengisi data diri yang sebenar-benarnya dengan lengkap dan sesuai fakta. Biasanya, pemberi layanan pinjaman akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Jadi, jangan coba-coba memanipulasi data.

Kalau sudah registrasi data diri, langkah verifikasi akan dilakukan pada orang terdekat. Data orang yang bersangkutan juga akan diminta saat sedang melakukan registrasi. Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa pengajuan pinjaman dilakukan oleh perseorangan yang valid.

Pilih Layanan Pinjaman Sesuai Kebutuhan
Salah satu layanan fintech yang bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan adalah Traveloka. Mulai dari tiket pesawat sampai voucher kuliner bisa dibeli menggunakan opsi pembayaran PayLater. Tidak heran, review traveloka paylater dari para pengguna saat ini juga cukup positif.

Traveloka bekerja sama dengan Caturnusa Sejahtera Finance (CSF) untuk layanan pinjaman tanpa kartu kredit ini. Tidak perlu khawatir, SCF sudah terdaftar dan menjadi perusahaan fintech pertama yang mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, kalau layanan produk pinjaman sudah cocok, misalnya untuk memesan tiket pesawat, kereta, bus, travel, atau tiket hiburan yang ditawarkan Traveloka PayLater, tidak usah ragu untuk registrasi.
Pilih Bunga Cicilan yang Rendah
Namanya pinjaman, pembayarannya bisa dicicil juga loh. Namun, kemudahan itu pastinya disertai dengan bunga cicilan. Nah, penting untuk dapat mengetahui berapa besar bunga yang harus dibayarkan untuk sebuah layanan pinjaman. Meskipun layanannya terpercaya, pasti berpikir dua kali jika bunga cicilannya terlalu besar.

Layanan PayLater Traveloka menawarkan bunga cicilan yang bisa dibilang rendah mulai dari 2,14% – 4,78% setiap bulannya. Biaya tersebut akan dibebankan dengan nilai flat saat pengguna layanan melakukan pembayaran cicilan bulanan.

Selain bunga cicilan, penting untuk tetap mengetahui skema pinjaman. Hitung terlebih dahulu bunga cicilan yang harus dibayarkan dengan skema pinjaman yang dipilih. Jangan sampai terbebani dengan pembengkakan biaya yang tidak masuk akal ya.
Pilih Metode Pembayaran Tagihan yang Mudah
Kemudahan pembayaran cicilan adalah hal penting yang juga harus diperhatikan. Kalau pinjamanmu sudah disetujui, jangan menganggap sepele urusan pembayaran. Saat kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan, bisa-bisa kelewatan waktu jatuh tempo sehingga harus membayar denda pembayaran yang lebih mahal.

Nah, pastikan layanan pinjamanmu bisa mengakomodasi metode pembayaran yang praktis seperti opsi pembayaran PayLater Traveloka. Pembayaran pinjaman bisa dilakukan dengan transfer antarbank, lewat ATM, dan rekening virtual. Jadi, pembayaran bisa dilakukan di mana pun dengan lebih aman dan tepat waktu.

Jika sudah mengetahui layanan fintech sebagai alternatif pembayaran, pastikan untuk memilih layanan yang tidak hanya praktis, tapi juga aman. Ya, kalau hanya mencari cara mudah, bisa saja terjebak dengan oknum abal-abal. Jadi, pastikan juga keamanan data dan validitas pemberi pinjamannya ya, seperti Traveloka yang menjaga keamanan data penggunanya dengan baik.