BPSDM Sulsel Siap Orientasi Anggota Dewan Hasil Pileg 2019

Editor : Ahmad Raffasya

Online24,Makassar — Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel siap melakukan orientasi terhadap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang baru saja terpilih setelah dilantik nantinya. Khususnya anggota DPRD kabupaten/kota se Sulawesi Selatan periode 2019-2024.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel Ir Imran Jausi, Minggu (30/6/2019) di Makassar.

Berdasarkan aturan, pelaksanaan orientasi anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota diatur dalam Undang-Undang nomkr 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota.

Dalam aturan tersebut, jelas bahwa setiap anggota DPRD kabupaten/kota wajib mengikuti orientasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh BPSDM provinsi di seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami di BPSDM Provinsi Sulsel siap melaksanakan orientasi kepada seluruh DPRD kabupaten kota di Sulsel setelah mereka dilantik nantinya,” kata Ir Imran Jausi.

Sebagai langkah awal persiapan, setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Kemendagri belum lama ini, BPSDM Sulsel akan mengundang rapat seluruh Sekretaris Dewan (Sekwan) kabupaten/kota se-Sulsel untuk persiapan orientasi DPRD yang terpilih 2019-2024, 2 Juli 2019.

Ihwal adanya orientasi terhadap anggota DPRD yang baru ini, Karena anggota DPRD berasal dari latar belakang yang berbeda, baik dari segi pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan lain- lainnya.

“Dengan orientasi ini mereka dibekali dengan ilmu pemerintahan, mengenalkan tugas pokok dan fungsi dewan sebagai bagian dari pemerintahan, meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara dan lain sebagainya,” terang Imran Jausi.

Imran Jausi juga menambahman bahwa berbeda pelaksanaan orientasi periode yg lalu 2014-2019, tahun ini selain ada penajaman kurikulum, mulai pula diperkuat dengan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

BPSDM Sulsel juga mempersiapkan materi muatan lokal yang akan diisi oleh pejabat pemprov, terkait sinergitas program provinsi dan kabupaten kota demi memastikan program-program nyata visi dan misi gubernur dan wakil gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman diimplementasikan dan dikawal pelaksanaannya oleh DPRD Kabupaten/Kota.(*)