Dewan Pendidikan Sulsel: PPDB Sulsel Tingkat SMA Sangat Baik

Editor : Ahmad Raffasya

Makassar,24 — Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Dr Suryadi Culla menyampaikan bahwa proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA dan SMK di Sulsel berjalan dengan baik dan transparan.

“Sulsel untuk PPDB sudah sangat baik. Pemberlakuan sistem zonasi itu sudah berjalan dengan baik. Protes ada, cuma hanya karena masyarakat atau orangtua belum tahu secara utuh apa itu zonasi,” beber Adi Siryadi Culla, Senin (1/7/2019).

Dia mengatakan, jika dibandingkan dengan proses pelaksanaan PPDB di sejumlah provinsi di Indonesia, maka Sulsel masih yang terbaik.

Di Jawa Timur misalnya, sudah dalam taraf kekisruhan. Orangtua siswa banyak melakukan protes karena memang sosialisasi yang kurang, di lain sisi aplikasi atau sistem belum terlalu mapan.

“Sejauh ini Sulsel masih baik dan berjalan sangat baik, khusus untuk SMA ya. Ya memang ada sejumlah orangtua siswa datang ke Disdik untuk bertanya karena memang mereka belum tahu. Nah ini pekerjaan rumah bagi disdik Sulse untuk terus melakukan sosialisasi ke depan,” jelas Adi.

Sekadar diketahui, lanjut Adi Suryadi Culla, dengan sistem zonasi, maka sudah tak ada lagi sekolah favorit di Sulsel. “Semua sekolah sama, pemerataan guru ke depan harus diratakan juga, jadi keadilan dalam pendidikan adalah amanah dalam undang undang,” ujar Adi Culla.