Resmikan Pemeliharaan Jembatan Gantung, Bupati Indah Dorong Semangat Gotong Royong

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Luwu Utara – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tiap tahunnya melakukan kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan yang dibiayai APBD. Setiap tahun anggaran berjalan, dana untuk pemeliharaan sarana dan bangunan di Luwu Utara terbatas. Berangkat dari hal tersebut, Dinas PUPR mengajak masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam pemeliharaan sarana dan bangunanan.

Salah satu bentuk implementasinya, pada senin (15/07) Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan kegiatan pemeliharaan jembatan gantung dengan partisipasi masyarakat di desa sido makmur, kecamatan Tana Lili.

Jembatan dengan panjang 60m tersebut, menghubungkan desa sidomakmur dengan desa tamuku, banyu urip, dan desa sukaraya.

Indah mengatakan, Pemda Lutra telah memiliki Peraturan daerah terkait dengan pembangunan partisipatif yang intinya mensyaratkan peran serta masyarakat di dalam pelaksanaan pembangunan.

“Kalau selama ini masyarakat sebagai objek/sasaran pembangunan, sesungguhnya bangsa ini dibangun atas dasar gotong-royong, nilai nilai inilah yang coba dihidupkan kembali. Untuk diketahui, setiap tahunnya Pemda melakukan kegiatan wulan bakti gotong royong selama 3 bulan yang dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali semangat gorong royong teesebut,” jelasnya.

Pemda juga meminta kepada reformer kegiatan dan juga Kadis PUPR dan juga termasuk dalam rakor camat se Lutra untuk mengidentifikasi di semua kecamatan kegiatan kegiatan apa saja yg diselesaikan berkat swadaya dari masyarakat.

“Nantinya pemda akan beri apresiasi sehingga semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk terlibat dalam pembangunan, paling tidak ambil bangian dalam pemeliharaan bangunan,” terang Indah.

Orang nomor satu di Luwu Utara tersebut mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam pemeliharaan sarana dan bangunan khususnya jembatan yang ada di desa Sido Makmur.

“Atas nama pimpinan daerah saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih tidak hanya kepada reformer kegiatan, tetapi kepada warga yang menyadari betul bahwa bangunan ini adalah tanggung jawab bersama. Kita berharap dari jembatan ini, kita akan replikasi ke tempat-tempat lain atau bangunan-bangunan aset pemda lainnya yang bisa kita partisipasikan,” tutupnya.

Turut hadir pada peresmian ini Pj Sekeretaris Daerah Luwu Utara Tafsil Saleh, Kadis PUPR Suaib Mansur, Camat Tana Lili Isa Ansari, dan Camat Bone-Bone Syahruddin.