Gubernur NA sentuh infrastruktur pedalaman yang tak pernah terjamah sejak kemerdekaan

Editor : Andhika BD

Online24, Makassar –  Sepuluh bulan menjabat sebagai Gubernur, Prof Nurdin Abdullah telah menyambung sejumlah kawasan di pedalaman yang sejak kemerdekaan, tak pernah tersentuh oleh pembangunan. “Saya kira sejak Indonesia merdeka di Luwu Utara ada yang namanya Seko, masyarakatnya itu belum menikmati yang namanya kemerdekaan, bahkan mereka bertanya kapan Indonesia merdeka itu karena akses jalan menuju ke sana itu menggunakan ojek dan dilalui tiga hari tiga malam” Tegas Nurdin Abdullah, di hadapan kader partai yang mengusungnya saat Pilgub 2018 lalu, PDI Perjuangan di hotel Claro Jumat 19 Juli 2019.

Pengalaman menjabat sebagai Bupati Bantaeng, Nurdin fokus membangun insfrastruktur di sejumlah kawasan khususnya pedalaman yang belum pernah tersentuh pembangunan.

Ia berdalih, program yang digerakkan saat ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi Sulawesi Selatan. Salah satunya membangun infrastruktur yang nyaman untuk masyarakat.

Olehnya itu, saat ini Pemerintah Provinsi terus mendorong masyarakar benar-benar dapat merasakan akses jalan yang nyaman, mudah dan cepat.

Berikut 7 capain Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman selama sepuluh bulan ini.

1. Akses jalan dari Sabang menuju Seko di Luwu Utara sepanjang 325 kilometer sudah bisa dilalui kendaraan roda empat pada bulan Desember 2019 mendatang.

2. Akses jalan dari Bua menuju Rantepao lewat Bastem. Jalan ini akan dibangun dua jalur dengan empat lajur dan jika jalan tersebut rampung maka Bua Rantepao sudah bisa ditempuh selama 40 menit.

3. Bulan Desember tahun 2019, pesawat ATR72 sudah bisa mendarat di Bandara Buntu Kunyi Tana Toraja. Pembangunan Bandara Tana Toraja terus digenjot untuk rampung tahun ini.

4. Jalan pintas mulai dari Larompong menuju Kabupaten Luwu melalui Komba, tembus Tanrutedong Sidrap juga dibangun tahun ini.

5. Kota Rantepao Toraja Utara dan Makale Tana Toraja akan dilengkapi dengan pedestrian yang berkualitas internasional.

6. Kawasan Pantai Bira di Bulukumba juga dibangun tahun ini untuk menjadi destinasi wisata unggulan.

7. Sejak diperjuangkan 19 tahun lalu, Gubernur Nurdin Abdullah berhasil meyakinkan PT. GMTD Tbk untuk  menyerahkan aset lahan Stadion Barombong dan Jalan Metro Tanjung Bunga sepanjang 7 kilometer

“Desember kami janji sudah bisa dilalui mobil, mudah-mudahan kita bisa lewati selama 3 jam, tahun depan kita sudah overlap naikan sampai di atas dan itu akan memperpendek jarak menuju Sulawesi Utara”,  tambah.

[fbcomments]