Bontoa Maros mulai kekurangan air bersih

Editor : Andhika BD

Online24, Maros – Dampak musim kemarau mulai dirasakan oleh warga di Desa Ampekale Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Hampir setiap tahun, jika musim kemarin warga di daerah tersebut memang kesulitan mendapatkan air bersih sebab mereka hanya membutuhkan air tadah hujan sebagai sumber air mereka.

Meskipun Maros menjadi sumber air bersih bagi Warga Makassar di wilayah Barat seperti Tamalanrea, Sudiang dan Mandai namun bukan berarti Maros dapat memenuhi air untuk seluruh wilayahnya. Terbukti, di Kecamatan Bontoa, warga di sana setiap tahun mengalami kekurangan air bersih.  Seperti pada tahun ini, meskipun kemarau baru berjalan sekitar tiga bulan namun warga di sana telah merasakan dampaknya.

Untuk memenuhi kebutuhan warga tersebut, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel Selasa 23 Juli 2019 berinisiatif mendistribusikan air bersih kepada warga.  ACT bekerja sama dengan pemerintah sempat membagikan 20 kubil air kepada warga yang lokasinya di pesisir.  Kepala desa setempat, Fuad mengapresiasi kegiatan ACT ini sebab telah membantu warga untuk  mengatasi kesulitan dalam hal air bersih.  Sementara itu kordinator implementasi air bersih ACT, Ali mengakui bahwa apa yang pihaknya lakukan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang mengalami kesulitan air bersih.