Peran Bank Sampah Akan di Perkenalkan pada Event Bali’s Big Eco Weekend

Editor : Muh. Idris

Online24, Bali,– Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Saharuddin Ridwan, tampil sebagai pemateri pada Bali’s Big Eco Forum, Jumat-Sabtu, 26-27 Juli 2019 di Nusa Dua, Bali. Forum tersebut adalah rangkaian kegiatan “Bali’s Big Eco Weekend” (BBEW) yang rutin diadakan tiap tahun oleh Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI).

Menurut Saharuddin, yang juga Ketua Yayasan Peduli Negeri (YPN), forum ini terbuka untuk umum dan akan diisi dengan materi dari beberapa pakar dan praktisi. Keynote Speaker pada kegiatan ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S.Brodjonegoro.

“Selain itu akan hadir pemateri diantaranya berasal Deputi Kementerian Kemaritiman dan Dirjen dari beberapa Kementerian terkait. Juga hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Sementara moderator adalah Imam B. Prasodjo, Akademisi Universitas Indonesia,” ungkap Saharuddin Ridwan.

Ia sendiri, tambahnya, akan membawakan materi terkait aktivitasnya sebagai Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia dan bagaimana memaksimalkan peran Bank Sampah di Indonesia dalam menjaga lingkungan serta menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat.

Terkait BBEW, sejak tahun 2007, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) mengambil langkah yang berani mengurangi dampak yang disebabkan oleh sampah di pantai-pantai Bali, memperkuat industri pariwisata yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, serta mendukung program pemerintah dalam mencapai “Clean & Green Bali” melalui program Bali Beach Clean Up (BBCU).

Melalui BBCU, CCAI menyediakan 75 lapangan pekerjaan bagi komunitas lokal di sekitar pantai untuk membersihkan pesisir pantai sepanjang 9,7 kilometer setiap harinya di lima pantai, yaitu Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, dan Kedonganan. Prinsip yang mendasari program ini adalah bahwa perusahaan memiliki peran untuk membantu melindungi lingkungan dan di saat yang sama dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat.

Dalam rangka membangun kepedulian masyarakat yang kuat untuk menjaga lingkungan, CCAI juga menginisiasi acara tahunan yang dikenal dengan nama “Bali’s Big Eco Weekend” (BBEW).

Sebagai bagian dari rangkaian BBEW, CCAI akan menyelenggarakan Bali’s Big Eco Forum, forum diskusi yang akan dihadiri para pemangku kepentingan, termasuk perwakilan pemerintahan, komunitas peduli lingkungan serta institusi edukasi untuk berbagi ide dan rekomendasi penanganan sampah plastik di Indonesia.