Korps “Hijau Lumut” Sita Perhatian Warga Sultan

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sukamaju Selatan -Ada yang menarik di Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan). Jika diperhatikan, hampir di setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak, entah itu pesta perkawinan, kegiatan pemerintahan, atau hajatan lainnya, selalu hadir korps “hijau lumut” yang tak lain adalah Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang dulu disebut Hansip.

Kehadiran mereka di setiap kegiatan keramaian adalah bagian dari tanggung jawab mereka selaku Satlinmas yang harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya di wilayah di mana mereka ditugaskan. Kehadiran mereka bukan pelengkap keramaian, melainkan sebagai perpanjangan tangan aparat pemerintah dalam upaya menciptakan rasa nyaman.

Bahkan kehadiran mereka di acara-acara keramaian selalu menyita perhatian warga karena memberikan warna dan nuansa tersendiri bagi masyarakat.

“Ini salah satu bentuk tanggung jawab mereka selaku petugas yang diharap selalu hadir di masyarakat,” kata Camat Sultan, Anjas Rusli, Rabu (07/08/2019), saat dimintai tanggapannya soal keberadaan satlinmas.

Ia mengapresiasi apa yang dilakukan Satlinmas di wilayah kerjanya. “Salut kepada mereka yang dengan sukarela mengamankan setiap hajatan atau kegiatan di masyarakat, termasuk saat ronda atau jaga malam. Bahkan dengan berseragam lengkap,” tutur Anjas Rusli yang mengaku bangga dengan kehadiran Satlinmas di tengah-tengah masyarakat