Mantap, Accera Kalompoang Gowa Kembali Digelar

Editor : AS

Online24, Sungguminasa – Accera Kalompoang atau pencucian benda bersejarah kerajaan Gowa kembali dilaksanakan pada tahun 2019 ini, setelah sempat vakum beberapa tahun akibat terjadinya perbedaan pandangan antara Pemda Gowa dengan pihak keluarga kerajaan Gowa.

Sempat vakum beberapa tahun, accera kalompoang akhirnya terlaksana lagi. Minggu 11 Agustus 2019, usai sholat Idul Adha seperti biasanya prosesi pencucian benda bersejarah ini dimulai.  Tetamu dari berbagai pihak serta para pemangku keluarga kerajaan Gowa sejak awal telah berkumpul di balla’ Lompoa, rumah adat Kerajaan Gowa di Sungguminasa.  Pun Bupati Gowa Adnan Purichta IYL bersama sejumlah pejabat di daerahnya ambil bagian dalam proses ini. Tak ada yang berubah dari  prosesi pencucian benda bersejarah tersebut.  “tahun ini kami sepakat berdamai dan menggelar warisan budaya ini secara bersama sama” tulis Adnan melalui aqount Ig nya. Maksud Adnan, bahwa sebelum nya telah terjadi perbedaan pandangan antara Pemda dan Keluarga kerajaan Gowa. Bahkan keduanya saling lapor melalui Bareskrim Mabes Polri. Tetapi sebelum kegiatan ini berlangsung lanjut Adnan, kedua pihak bersama sama telah mencabut laporan tersebut yang difasilitasi oleh Kapolres Gowa

Adnan berharap, kegiatan tahunan ini akan menjadi tonggak awal kebersamaan antara Pemda Gowa – Pihak keluarga kerajaan untuk membangun Gowa serta Mensejahterakan masyarakatnya.