PKM UNM Perkenalkan Program Literasi Mendeley Pada Civitas Akademik

Editor : Fahmi

Online24, MAKASSAR – Guna meningkatkan literasi Mendeley, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melakukan sosialisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia (STIE-PI) Makassar.

Mendeley adalah perangkat lunak (software) akademik yang tersedia dalam tiga bentuk platform, yaitu desktop platform, web platform, dan mobile platform. Walaupun Mendeley telah dirilis sejak Agustus 2008, civitas akademika masih minim yang memanfaatkan aplikasi ini. Padahal Mendeley merupakan aplikasi yang bersifat open source sehingga dapat digunakan secara gratis.

“Kami akan sosialisasikan literasi Mendeley agar banyak digunakan civitas akademika. Program ini  untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring,” Kata Ketua PKM Muhammad Imam Ma’ruf, S.P., M.Sc., Senin (19/08/2019).

Lanjut Muhammad Imam Ma’ruf menjelaskan bahwa salah satu tugas seorang dosen dari Tri Darma Perguruan Tinggi adalah penelitian. Hasil dari penelitian wajib disebarluaskan dalam bentuk publikasi ilmiah. “Kendala yang kerap dihadapi oleh seorang dosen dalam menghasilkan karya ilmiah adalah pengelolaan referensi, penulisan sitasi dan plagiarisme. Jika sudah memahani program literasi Mendeley akan lebih memudahkan untuk melakukan publikasi,” harapnya.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Penggunaan Aplikasi Mendeley yang diketuai oleh Muhammad Imam Ma’ruf, S.P., M.Sc., dan beranggotakan Dr. Sri Astuty, S.E., M.Si., dan Andi Samsir, S.Pd., M.Si..