Sosial media di Makassar kirim pesan damai untuk Papua #DaengPace

Editor : AS

Online24, Makassar – Solidaritas kekeluargaan Sulawesi Selatan untuk Papua bergelora melalui media sosial.  Sejak pukul 20.00 WITA, Senin 19 Agustus 2019, jagad maya dipenuhi pesan kekeluargaan melalui hastag #Daengpace.

Selain hastag DaengPace, beberapa meme dan video video yang mencerminkan kekeluargaan antara Bugis Makassar dan Papua juga mewarna jagad dunia maya.  Salah satu yang saat ini tengah vital yakni #DaengPace. Seperti diketahui, Daeng adalah sebutan panggilan akrab warga Sulawesi Selatan sementara Pace merupakan sapaan akrab bagi warga Papua.  Selain memposting hastag Daeng pace, beberapa vidio lucu juga menyebarkan sosial media. Video tersebut terlihat lucu karena dialog khas antara Papua dan Bugis Makassar.

“Persatuan Indonesia… Jangan terpancing dengan isu2 hoax.. Pace, Mama, Kaka.. kita bersaudara” tulis Rudi Hasran melalui aqount Facebooknya.

Sebelumnya, Sabtu siang terjadi kerusuhan di Kota Monokwari Dan Sorong Papua. Aksi tersebut dipicu oleh tindak kekerasan yang dialami oleh warga Papua di Malang dan Surabaya. Warga Monokwari menyikapi deh ban aksi sambil membayar ban belas.

Malam hari, tiba tiba puluhan warga di Makassar menyerang asrama Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang  Makassar. Sontak, warga Papua ketakutan dan berlari menyembunyikan diri. Ada yang selamatkan diri dengan cara kabur . “Beta tak tau apa apa kasian. Maafkan kami” ujar Doneliua.  Usai pelemparan itu, Gubernur Nurdin Abdullah mengunjungi asrama Papua. NUrdoin Abdullah  berjanji menjamin keamanan Papua di Sulsel dengan cara menyediakan makanan srrta m24 jam. Tentara berjaga jaga di Asrama Papua.