Anggota DPRD yang Terlibat Narkoba Terancam Dipecat

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar – Penangkapan Calon Anggota Legislatif (caleg) terpilih DPRD Kota Makassar, hingga kini jadi bahan pembicaraan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Gunawan Mashar, saat dikonfirmasi mengatakan calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, yang sudah ditetapkan sebagai caleg terpilih tetap akan dilantik.

“Caleg DPRD yang sudah ditetapkan tidak lagi memenuhi syarat untuk dilantik, salah satunya karena ia telah berstatus terpidana. Jadi kalau baru tertangkap, atau tersangka, itu masih memungkinkan untuk dilantik.” Ujar Gunawan.

Namun jika keputusan belum inkrah, lanjut Gunawan, tetap memungkinkan untuk dilantik, kecuali yang bersangkutan dipecat partainya.

Sebagaimana diketahui, salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar terpilih ditangkap, Senin (19/8/2019).

Ia ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar karena diduga terlibat kasus tindak pidana narkotika jenis sabu.
Informasi penangkapan Rahmat dengan cepat direspon oleh pengurus DPC PPP Kota Makassar.

Sekertaris PPP DPC Kota Makassar, Patris Suyuti, mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi siapapun kadernya yang terbukti terlibat perbuatan kriminal atau melawan hukum.

“Jika terbukti, maka partai akan bertindak tegas, Ia akan dipecat dan sanksi minimalnya ya tidak dilantik sebagai anggota DPRD,” tegasnya.

Bahkan posisi Rahmat sebagai caleg terpilih akan digantikan dengan caleg PPP lain yang meraih suara terbanyak kedua di dapilnya.