Pengurus JOIN Luwu Utara Resmi Dilantik, Bupati Jamin Pemerintah Tidak Menyetir Pemberitaan

Editor : Andhika BD

Online24, Masamba – Pers merupakan pilar-4 dari sebuah demokrasi. Kehadiran pers, kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berperan untuk mengadvokasi masyarakat.

Hal itu disampaikan bupati perempuan pertama di Sulsel ini di hadapan Pengurus DPD JOIN Luwu Utara yang baru saja dilantik, Rabu (21/8) di Teras Adira Masamba.

“Tugas pers adalah betul-betul menempatkan diri sebagai pilar ke-4 yang menentukan jatuh-bangunnya sebuah daerah. Menulis berita pada dasarnya menulis fakta, menyampaikan informasi, dan klarifikasi, bukan beropini (kecuali itu dikolom opini), apalagi berimajinasi,” ucap Indah selaku Dewan Pembina.

Pemerintah, lanjut Indah menjamin tidak pernah menyetir pemberitaan untuk menjaga independensi organisasi. “JOIN ini tidak netral, tapi independen. Pemerintah menjamin tidak akan mengintervensi jalannya organisasi. Pastikan sebagai jurnalis kita independen walaupun tantangannya berat, pastikan kita profesional, dan media sudah terverifikasi,” pintanya.

Kepada pengurus JOIN yang diketuai Rizal Muthtahari, Indah mengajak untuk membangun Luwu Utara lebih baik lagi. “Paling penting penguatan kelembagaan,sekali lagi kita bermitra untuk membangun Luwu Utara, kita pastikan semua kokoh. Pemerintah hanya satu tiang, tiang yang lain mari kitw kuatkan dulu pilar kita dengan menjalankan tugas yakni mengadvokasi masyarakat, kita semua mampu membedakan mana sifatnya privat mana publik, supaya kita bisa sipakatau sipakainga. Luwu Utara milik kita, bukan milik bupati bukan milik pemerintah. Mariki sama-sama buat Luwu Utara lebih baik,” kunci mantan dosen UI ini yang hadir didampingi Kadis DKP, Alauddin Sukri. (*)