4 Destinasi Liburan untuk Para Penikmat Film

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – Tidak sedikit orang-orang yang ‘berlibur’ hanya dengan menonton. Sebuah film mampu menghipnotis para penonton untuk menyukai apa yang disajikan film tersebut, seperti pemain, karakter, cerita, musik dan juga tempat dari film. Film mengajak penonton secara tidak langsung untuk berkunjung ke tempat-tempat yang belum tentu pernah mereka kunjungi.

Sering kali, kamu jadi ingin berkunjung dan merasakan sensasi yang ada di film setelah menonton. Nah, yuk bahas tempat-tempat mana saja yang pernah dipakai sebagai tempat pembuatan film. Meskipun hanya pernah dilihat lewat film, kamu bisa kunjungi juga di dunia nyata, loh.

1. London, InggrisHarry Potter
Siapa sih yang enggak tahu film ini? Film yang diangkat dari novel paling laris karya J.K. Rowling ini menceritakan tentang kisah anak bernama Harry Potter (Daniel Radcliffe) dan petualangannya di dunia sihir. Layaknya sihir, film ini telah menyihir kita untuk mengunjungi tempat-tempat di mana Harry berpetualang.

Meskipun film ini banyak menggunakan teknik computer-generated imagery (CGI), ada beberapa lokasi syuting yang bisa kamu kunjungi seperti Peron 9 3/4 dan Diagon Alley. Film ini selalu dimulai dengan perjalanan Harry Potter ke Hogwarts. Untuk menuju Stasiun Hogwarts Harry dan kawan-kawannya perlu melewati Peron 9 3/4. Di dunia nyata tempat itu terletak di Stasiun King’s Cross, London.

Tidak hanya stasiun kereta, saat ini tempat itu telah menjadi destinasi wisata bagi para penggemar film Harry Potter. Salah satu adegan yang berkesan dalam film ini adalah adegan Hagrid mengajak Harry untuk berbelanja keperluan sekolah sihir pertamanya di Diagon Alley. Dalam dunia nyata tempat ini bernama Pasar Leadenhall.

2. Singapura Crazy Rich Asian
Diangkat dari novel dengan judul yang sama, menceritakan tentang Rachel Chu (Contance Wu) yang pergi ke Singapura untuk bertemu dengan keluarga tunangannya Nick Young (Henry Golding). Lokasi film pertama yang kamu bisa kunjungi ialah Bandara Changi. Kamu akan menemukan tempat dimana Aramita (Sonoya Mizuno) dan Colin (Chris Pang) menjemput Rachel dan Nick sesampainya di bandara.

Setelah naik pesawat ke singapura nanti, luangkan waktu beberapa saat untuk menikmati betapa megahnya bandara dengan gelar bandara terbaik di dunia selama enam tahun berturut-turut ini. Seperti di film, kamu lalu bisa makan di Newtoon Food Center. Di sana kamu bisa mencicipi makanan khas Singapura hokkien mee, sate, kepiting pedas dan nasi hainan layaknya Rachel.

Tempat lain yang mungkin paling mengesankan di film ini adalah tempat pernikahan Aramita dan Colin. Lokasinya terletak di Covent of the Holy Infant Jesus Middle Education School (CHIJMES), sebuah bangunan bersejarah yang dibuat pada tahun 1852. Selain gereja seperti dalam film, bangunan ini juga menjadi pusat perbelanjaan dengan banyak restoran, kafe, salon, dan tempat lainnya yang dapat kamu kunjungi.

3. Hong KongChungking Express
Chungking Express merupakan film yang disutradarai Wong Kar-wai. Walaupun film ini dirilis pada tahun 1994, kamu masih bisa mengunjungi tempat-tempat dari cerita Polisi 233 (Takeshi Kaneshiro), Faye (Faye Wong), Polisi 663 (Tony Leung Chiu-wai), pramugari (Valerie Chow) dan Perempuan dengan Wig Pirang (Brigitte Lin).

Apakah kamu tahu bahwa eskalator yang selalu dilewati pramugari untuk mengintip apartemen Polisi 633 merupakan eskalator terpanjang di dunia? Yap, eskalator itu dikenal dengan Central-Mid-Levels Escalators yang memiliki panjang 800 meter dan tinggi 135 meter. Eskalator tersebut menjadi eskalator terpanjang di dunia versi Guinness World Records.

4. Tokyo, JepangKimi No Na Wa (Your Name)
Meskipun kamu menonton film versi animasi, beberapa tempat yang ada di film ini bisa dikunjungi di dunia. Film ini umumnya mengambil inspirasi dari tempat-tempat yang berada di Shinju-ku, Minato-ku, dan Shibuya-ku. Satu adegan yang ikonis di film ini adalah ketika dua karakter utama dari film ini yaitu, Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu yang saling berpapasan di satu tangga.

Tangga tempat kedua tokoh utama ini bertemu merupakan tangga Kuil Suga atau yang lebih di kenal dengan Suga Shirne. Adegan itu bertempat di 5 Suga-cho, Yotsuya, Shinju-ku. Jembatan penyebrangan tempat Taki mencoba menghubungi Mitsuha adalah jembatan Shinanomachi. Tempat itu terletak di depan Stasiun Shinanomachi dan Gedung DoCoMo. Oh iya, kamu juga bisa makan di tempat Miki bekerja, loh. Nama restoran itu adalah Brasserie Paul Bocuse Le Musée yang terletak di lantai 3 The National Art Center (NACT). Tempat ini merupakan museum terbesar di Jepang didalamnya juga ada restoran, kafe, dan toko cinderamata.

Ayo, buat kamu yang selalu ‘berlibur’ lewat film, sekarang waktunya kamu untuk berlibur dan tulis ceritamu sendiri.