Nurdin Abdullah: GIIAS Makassar 2019 Ajang Inspirasi Bagi Masyarakat Sulawesi Selatan

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – Hari ini GIIAS Makassar 2019 resmi dibuka, menghadirkan ragam produk kendaraan terbaru serta teknologi terkini dari industri otomotif, serta berbagai program acara menarik yang mengangkat kemajuan otomotif masa kini. Dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan, dan juga dua perwakilan Kementerian negara, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi Dan Elektronika (ILMATE) yang mewakili Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang mewakili Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, hadir selama lima hari kedepan, GIIAS Makassar 2019 menunjukkan eksistensinya perkembangan industri otomotif Indonesia.

Yohannes Nangoi Ketua Umum GAIKINDO menyatakan keyakinan bahawa industri otomotif Indonesia masih akan terus tumbuh dan Sulawesi Selatan akan menjadi kontributor yang signifikan terhadap pertumbuhan tersebut, Ia berharap penyelenggaraan GIIAS Makassar dapat menjadi salah satu langkah pendorongnya, “Kami berharap GIIAS Makassar 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia dikuartal kedua tahun 2019 ini yang kami lihat semakin positif,” ujar Nangoi.

Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Harjanto, menyampaikan Industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja. Dengan harapan baik untuk penyelenggaraan GIIAS Makassar, “Kami berharap penyelenggaran GIIAS the Series di Makassar dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat terkait perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan, mengingat GIIAS telah menjadi ajang yang paling tepat bagi Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif Indonesia untuk meluncurkan dan memperkenalkan kendaraan serta teknologi terkininya,” ujarnya.

Sementara, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Setiyadi mengungkapkan apresiasi atas Kontribusi GAIKINDO yang sangat penting juga bagi Kementerian Perhubungan. “Apresiasi kami kepada GAIKINDO yang telah mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia.

Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan bahwa penyelenggaraan GIIAS Makassar 2019 memberikan inspirasi. “Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada GAIKINDO atas terselenggaranya pameran otomotif, yang saya kira (waktunya) tepat sekali, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan sedang meningkat diatas 7% dan Inflasi turun menyebabkan daya beli masyarakat cukup tinggi”. Nurdin mengungkapkan bahwa Sulawesi Selatan semakin mengerucut sebagai pintu gerbang Indonesia Timur yang terus berbenah ke arah lebih baik dengan tingkat pertumbuhan kawasan Industri yang terintegrasi di Indonesia Timur. Penyelenggaraan pameran ini ditegaskan oleh Nurdin dapat menjadi ajang inspirasi bagi masyarakat Sulawesi Selatan “Pameran ini akan menjadi ajang bagi masyarakat untuk bisa melihat banyak pilihan kendaraan yang akan digunakan dengan teknologi baru ramah lingkungan” tegasnya.
Dalam sambutannya Nangoi mengungkapkan bahwa GAIKINDO mengharapkan masyarakat Makassar khususnya untuk terus memberikan dukungannya terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia, “Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami menghadirkan produk dan teknologi terbaru dari hampir semua lini industri otomotif Indonesia, Kami berharap GIIAS Makassar akan selalu mendapat tempat dihati masyarakat Sulawesi. Karena setiap dukungan akan memberi arti semangat pertumbuhan bagi industri otomotif.” Tuturnya.
GIIAS Makassar 2019 akan menghadirkan berbagai produk dan teknologi pilihan dari 8 merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial; Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, Wuling, dan Fuso. Selain itu 3 merek sepeda motor juga akan tampil; Benelli, Honda, dan Mforce. Beberapa merek dari industri pendukung seperti Himawan Putra, Krisbow, Wincos dan Yuasa juga akan menyemarakkan penyelenggaraan pameran.