BJ Habibie Wafat, Gubernur dan Wagub Sulsel Sampaikan Rasa Duka Mendalam

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Innalillahi Wainna ilaihi rojiun, Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie telah berpulang ke Rahmatullah. Habibie meninggal dunia pada hari Rabu, 11 September 2019 petang, pada pukul 18:05 WIB.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini meninggal di RSPAD Gatot Soebroto. Sebelumnya, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak 1 September lalu.

Indonesia kembali berduka. Satu lagi putra terbaik bangsa berpulang. Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah menyampikan rasa duka.

“Tentu masyarakat atas nama masyarakat Sulawesi Selatan dan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bela sungkawa dan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya tokoh kita bapak BJ Habibie. Presiden ketiga Republik Indonesia,” kata Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan, Rabu (11/9).

Semua tentu merasa sangat kehilangan sebut Nurdin, bukan hanya masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia juga ikut Kehilangan.

“Karena beliau adalah salah satu tokoh yang mengangkat nama besar bangsa Indonesia di kancah dunia internasional,” sebutnya.

Kontribusinya bagi Indonesia dan dunia, terutama bidang aviasi atau dunia penerbangan dunia sangat besar.

“Mudah-mudahan kita semua bisa melanjutkan cita-cita beliau, perjuangan beliau dan tentu beliau kami berdoa mendoakan semoga semoga Husnul Khotimah diberikan tempat yang layak di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kuburannya, dijadikan taman-taman surga,” ucap Nurdin.

Sementara Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengatakan, Indonesia telah kehilangan sosok panutan bersama. BJ Habibie adalah seorang kebanggaan rakyat Indonesia maupun Sulsel.

“Dengan intelektual yang beliau miliki, telah membawa nama baik Indonesia di mata dunia,” ujarnya.

Selain itu, BJ Habibie juga pernah menjabat sebagai menteri dengan terobosan pembuatan pesawat karya anak bangsa pertama.

“Semoga segala sumbangsih intelektual, technology, jasa-jasa serta ketulusan beliau kepada bangsa ini, menjadi amal jariyah di sisiNya serta menempatkan di tempat yang terpuji, Insya Allah Aamiin,” ucapnya.

Almarhum BJ Habibie tutup usia pada pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sekedar diketahui, sejak dilantik sebagai Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong agar Institute Technology Habibie (ITH) Parepare agar dapat diaktifkan kembali.