Pepsodent Ajak Masyarakat Makassar Dukung Gerakan “Indonesia Tersenyum” dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional Ke-10

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar, – Gigi berlubang masih menjadi masalah besar di Indonesia, dari hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa 88,8% masyarakat Indonesia memiliki masalah gigi berlubang. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi intensif dan berkelanjutan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengubah kebiasaan memelihara kesehatan gigi dan mulut. Tidak terkecuali di wilayah Sulawesi Selatan yang prevalensi permasalahan gigi dan mulutnya menempati posisi kedua tertinggi dalam Riskesdas 2018 yaitu 68,9%.

Pepsodent kembali berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Dalam BKGN yang memasuki kali pelaksanaan ke-10 ini, Pepsodent mengajak seluruh elemen masyarakat bergabung dalam gerakan “Indonesia Tersenyum” dan menjadi “Pahlawan Senyum” melalui caranya masing-masing, guna membantu membebaskan senyum keluarga Indonesia dari permasalahan gigi berlubang.

“BKGN 2019 ini akan mengedukasi dan memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut untuk masyarakat selama 3 bulan bersama 41 PDGI Cabang dan 24 Fakultas Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia. Dalam rangkaian kegiatannya, masyarakat Makassar dan sekitarnya akan kembali berkesempatan mendapatkan pelayanan gigi gratis serta edukasi kesehatan gigi dan mulut mulai Jumat – Minggu, 13-15 September 2019.”

Demikian disampaikan Adisty Nilasari
Media Relations Manager PT Unilever Indonesia, Tbk, dalam acara peresmian BKGN 2019 Makassar yang dihadiri oleh dr. Bachtiar Baso – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Prof. dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA – Rektor Univesitas Hasanuddin, Drg. M. Ruslin, M.Kes, S, Ph.D, Sp.BM (K) – Dekan FKG Universitas Hasanuddin, dan drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. – Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia. Hadir pula Putri Khaerunnisa, sosok Pahlawan Senyum yang menceritakan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat, salah satunya melalui program FKG Universitas Hasanuddin yaitu “ONE STUDENT Saves ONE FAMILY” yang dikhususkan bagi keluarga prasejahtera di kelurahan Layang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Hasanuddin di Jl. Kandea No.5, Baraya, Bontoala, Kota Makassar, dilanjutkan dengan Talkshow, sesi Q&A dan photo opportunit di Aula Drg. Hj. Halimah Daeng Sikati, RSGM UNHAS. Dan lomba karya tulis jurnalistik mengenai rangkaian acara BKGN 2019, berhadiah total Rp15.000.000,-